Eksplorasi Etnomatematika Dalam Ukiran Rumah Lamin Adat Pamung Tawai Desa Budaya Pampang Melalui Konsep Transformasi Geometri

  • Muhammad Hafizh Naufal Yahya Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Haeruddin Program Studi Pendidikan Matematika,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Etnomatematika, Transformasi Geometri, Dayak Kenyah

Abstract

Pendidikan merupakan suatu yang terikat dalam kehidupan manusia, selama manusia itu hidup bersama, proses pendidikan terjadi pada dasarnya adalah upaya untuk melestarikan kehidupan. Seperti halnya pembelajaran matematika berperan penting dalam mengembangkan potensi dan keterampilan siswa. Salah satunya adalah mendorong dan melatih siswa menjadi percaya diri untuk menggunakan konsep matematika dalam memecahkan masalah kehidupan nyata. Pembelajaran Matematika berbasis budaya (etnomatematika) merupakan salah satu cara yang dapat menjadikan pembelajaran matematika lebih bermakna dan kontekstual yang berkaitan erat dengan komunitas budaya. Selain itu, pembelajaran matematika berbasis budaya akan menjadi alternative pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan inovatif karena kemungkinan terjadinya pemaknaan secara kontekstual berdasarkan pada pengalaman siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pada ukiran dinding rumah lamin adat suku Dayak Kenyah melalui motif yang ditemukan dan dikaitkan pada konsep transformasi geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah motif ukiran dinding rumah lami adat dan objek penelitian ini adalah konsep transformasi geometri. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari observasi langsung, hasil wawancara dengan subjek penelitian dan hasil dokumentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bustan, A. W., Salmin, M., & Talib, T. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Transformasi Geometri Pada Batik Malefo. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp87-94
Dewi, R. V. K., Mustaring, D. I., & Sunarsi, D. (t.t.). Metode Stimulasi Multiple Intellegences Bagi Anak Usia Dini. Cipta Media Nusantara.
Fitrah, M., & Lutfiyah. (2018). Metodologi penelitian: Penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Haeruddin, H., Muhtadin, A., & Yahya, M. H. N. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Transformasi Geometri Translasi pada Motif Kerajinan Manik-Manik Suku Dayak Kenyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(1), 22-29. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i1.5587
Kurniawan, Saputra, Y. W., & Hidayah, F. N. (2023). Numerasi Batu Bertulis Yupa Kerajaan Martaputra di Kutai-Kalimantan Timur. Samarinda: RV Pustaka Horizon.
Muhtadin, A., Rizki, N. A., & Fendiyanto, P. (2023). PENDAMPINGAN MENDESAIN SOAL LITERASI MATEMATIKA MODEL PISA DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA (KONTEKS SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT KUTAI). Al-Khidmat, 6(1), 18-25.
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557
Putri, N. N. P., & Mariana, N. (2022). The Journal of Universitas Negeri Surabaya. https://ejournal.unesa.ac.id
Rachmawati, Y. (2010). Strategi pengembangan kreativitas pada anak: Usia taman kanak-kanak / Yeni Rachmawati, Euis Kurniati | Perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. https://inlislite.uin- suska.ac.id/opac/detail-opac?id=22107
Rusdiana, R., Samsuddin, A., Muhtadin, A., & Fendiyanto, P. (2023). Development of Mathematical Literacy Problems using East Kalimantan Context. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 197-210. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1885.
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Nilacakra.
Ulum, B., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2018). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri Untuk Sekolah Dasar Pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p686-696
Yahya, M. H. N., Haeruddin, H., Muhtadin, A., & Rizki, N. A. (2023). The Geometry Transformation Concepts in Bead Craft Motifs by the Kenyah Dayak Tribe. Ethnomathematics Journal, 4(1), 36.
Yuniar, R. I., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Kultural Matematis Pada Aktivitas Bertenun Adat Baduy. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.948
Published
2023-07-30
How to Cite
Yahya, M. H. N., & Haeruddin, H. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Dalam Ukiran Rumah Lamin Adat Pamung Tawai Desa Budaya Pampang Melalui Konsep Transformasi Geometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 183 - 191. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2483