Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Samarinda

Authors

  • Fitri Fauziyah Priyadi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Haeruddin Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

Keywords:

pola asuh orangtua, orangtua, hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Samarinda. Jenis penelitian adalah Ex Post Facto. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2024. Terdapat satu variabel bebas, yaitu Pola Asuh Orangtua , serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika . Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Samarinda yang berjumlah 87 siswa. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik probability sampling, dengan sampel sebanyak 2 kelas yang terdiri sebanyak 57 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik angket untuk memperoleh data pola asuh orangtua. Sebelum penelitian dilaksanakan, terlebih dahulu dilaksanakan uji coba instrument di kelas VIII, yang terdiri dari 30 siswa. Analisis data dilakukan menggunakan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, didapatkan nilai signifikansi pola asuh orangtuaa sebesar 0,035 < 0,05 yang berarti bahwa disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika dengan pola asuh orangtua yang berbeda. Sedangkan hasil anova satu jalur nilai  sebesar 3,564 dengan  sebesar 3,180. Oleh karena itu, nilai  >  yaitu  maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika dengan pola asuh yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, A. B., & Rizki, N. A. (2023). Mediasi regulasi diri atas pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika Siswa SMP. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 51-60. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.2108
Amir, N. F., Malmia, W., Magfirah, I., Andong, A., & Buton, S. (2024). Pemanfaatan media Educandy dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika Siswa kelas V Sekolah Dasar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1-8. https://doi.org/10.30872/primatika.v13i1.2800
Achdiyat, M. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 80, 409–418.
Fitriana, D. N., & Aprilia, A. (2021). Mindset awal siswa terhadap pembelajaran matematika yang sulit dan menakutkan.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2), 107–114.
Muslimah, N., Haeruddin, H., & Fendiyanto, P. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 187-193.
N. A. Rizki, I. Novri, A. Muhtadin, and P. Fendiyanto, “Aturan Asosiasi Media Sosial Favorit Mahasiswa Pendidikan Matematika Berdasarkan Cara Belajar dan Gaya Belajar”, JaMES, vol. 7, no. 1, pp. 43–52, Apr. 2024.
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 61 - 64.
Pristiwanti, Dwi; Badariah, Bai; Hidayat, Sholeh; Dewi, R. S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418
Resmawan, R. (2014). Hubungan antara Pesepsi Mahasiswa terhadap Keterampilan Dosen dalam Mengelola Kelas dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. Jurnal Euler, 2(2), 129–134.
Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.16
Sari, R. P., Boleng, D. T., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Perkembangan Moral Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 75 - 81
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-08-17

How to Cite

Priyadi, F. F., & Haeruddin, H. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 4, 84–90. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4050

Most read articles by the same author(s)