Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Kelas VIII Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Kriteria Bell

  • Ayu Fitriani Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Abd. Basir Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Jefferson Roosevelt Watulingas Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Analisis, Buku Teks, Kriteria Bell

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian materi dan persentase kesesuaian materi sistem persamaan linear dua variabel pada buku teks matematika siswa kurikulum 2013 edisi revisi 2017 kelas VIII terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berdasarkan kriteria Bell. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan studi kepustakaan. Subjek pada penelitian ini adalah buku teks matematika siswa kelas VIII terbitan Kemendikbud kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017, sedangkan objek pada penelitian ini adalah kesesuaian materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kriteria Bell. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil angket dan analisis isi dokumen. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis kesesuaian buku berdasarkan kriteria Bell dan lembar validasi. Sebelum instrumen lembar analisis kesesuaian buku berdasarkan kriteria Bell digunakan, terlebih dahulu dilakukan validasi instrumen secara keseluruhan dengan nilai yang diperoleh sebesar 3 dan termasuk dalam kategori sangat valid, yang berarti tidak perlu dilakukan revisi pada instrumen dan tidak perlu dilakukan validasi kembali. Kriteria Bell yang digunakan dalam analisis kesesuaian buku ada 19 kriteria. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa kesesuaian materi sistem persamaan linear dua variabel pada buku teks matematika siswa kurikulum 2013 edisi revisi 2017 kelas VIII termasuk kategori baik. Hasil analisis buku siswa dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih buku yang akan digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.
Arifin, Z. (2012). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum (2nd ed.). remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2003). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
As’ari, A. R., dkk. (2017). Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 (A. Lukito, A. Mahmudi, Turmudi, Y. Marpaung, Y. Satria, & Widowati, Eds.; 2nd ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Azizah, R. (2015). Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk SMA Kelas XI Pokok Bahasan Statistika berdasarkan Kriteria Bell [Skripsi]. Universitas Jember.
Bell, F. H. (1978). Teaching and Learning Mathematic (In Secondary Schools). Wm. C. Brown Company.
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur (M. I. A. Syauqi, Ed.; 1st ed.). Laksita Indonesia.
Čeretková, S., Šedivý, O., Molnár, J., & Petr, D. (2008). The Role and Assessment of Textbooks in Mathematics Education. Problems of Education in the 21st Century, 6, 27–37.
Darwati. (2011). Pemanfaatan Buku Teks oleh Guru dalam Pembelajaran Sejarah: Studi Kasus di SMA Negeri Kabupaten Semarang (Vol. 21, Issue 1).
Depdiknas. (2014). Buku Teks. Pusat Perbukuan Depdiknas.
Fajriatin, A. (2015). Analisis Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas IX Bab Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Konten Pada Kriteria Bell.
Hamalik, O. (2007). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum (B. Ramdhani, Ed.). Remaja Rosdakarya.
Hasratuddin. (2013). Membangun Karakter melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2), 130–141.
Hidayah, S. N. (2021). Analisis Kelayakan Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester 1 ditinjau dari Implementasi Pendekatan Saintifik dan Pendekatan Autentik [Skripsi]. Universitas Widya Dharma.
Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika. Pena Salsabila.
Lutviana, I. (2017). Analisis Kelayakan Materi Buku Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Kelas VII Bab Segiempat dan Segitiga Berdasarkan Kriteria Bell [Skripsi]. Universitas Islam Sultan Agung.
Melissa, M. (2015). Analisis Buku Siswa Matematika Kelas VIII Semester 1 berdasarkan Kriteria Bell [Skripsi]. Universitas Jember.
Muljono, P. (2007). Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Buletin BSNP, 2(1), 14–23.
Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Ar-Ruzz Media.
Ramda, A. H., Kurnila, V. S., & Jundu, R. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 pada Standar Isi Buku Teks Matematika Kelas VIII. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 2(2), 162. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/231
Russeffendi, E. T. (1990). Pengajaran Matematika Modern Dan Masa Kini Untuk Guru Dan PGSD D2 (1st ed.). Penerbit Tarsito.
Shield, M., & Dole, S. (2013). Assessing the potential of mathematics textbooks to promote deep learning. Educational Studies in Mathematics, 82(2), 183–199. https://doi.org/10.1007/s10649-012-9415-9
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67.
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Tarigan, H. G., & Tarigan, D. (1986). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Angkasa.
Wahidah, D. N., Nuraida, I., & Sobarningsih, N. (2021). Analisis Konten pada Buku Paket Matematika Siswa SMP menggunakan Kriteria Bell. Jurnal Analisa, 7(1), 1–12. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index
Published
2022-07-31
How to Cite
Fitriani, A., Basir, A., & Watulingas, J. R. (2022). Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Kelas VIII Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Kriteria Bell. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2(1), 127-143. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1253

Most read articles by the same author(s)