Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika

  • Ika Ayu Puspitasari Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Azainil Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Abd. Basir Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Media Pembelajaran, Matematika, Problem Based Learning

Abstract

Artikel ini memiliki tujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran dalam model pembelajaran problem based learning. Penelitian dengan metode literature review berdasarkan kajian penelitian-penelitian terdahulu yang relevan mengenai penggunaan media pembelajaran dalam model pembelajaran problem based learning. Dikaji dan diseleksi beberapa artikel yang diperoleh dari pencarian melalui aplikasi Publish or Perish 8, Google Scholar, Mendeley, dan Scopus. Adapun banyak artikel yang dikaji yaitu 25 artikel yang bersumber dari jurnal nasional maupun jurnal internasional yang terakreditasi oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia terkategori sinta 1, 2 dan 3 serta Jurnal yang terindeks Scopus dengan rentang waktu 10 tahun yaitu 2013 sampai 2022. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning berbantuan media pembelajaran seperti media geogebra, modul, google classroom, multimedia, mobile Learning, geometer’s scatch pad, powerpoint, LKS, microsoft frontpage, edmodo, software coral painter, timbangan, kartu true or false dan komik matematika telah terbukti dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, serta memberikan dampak positif dalam pembelajaran matematika dalam hal motivasi dan hasil pembelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan hasil belajar dan tanggapan positif peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran (Ed. Revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Assegaff, Asrani., & Sontani, Uep Tatang. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Volume 1. Halaman 38.
Ayuni, Siti Nada. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika (Komat) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Software Corel Painter Pada Materi Peluang Kelas VIII SMP/MTs: Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi
Badri, R. (2021). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning Berorientasi Mitigasi Letusan Gunung dan Banjir Lahar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP.
Barokah, I & Budiyono, B. & Saputro, Dewi. (2020). Modul matematika berbasis pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan metakognisi siswa. Jurnal Fisika: Seri Konferensi MTs. Journal of Physics: Conference Series" The International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ICM2E) 5 September 2020, Padang, Indonesia". Vol 17. Halaman 42.
Buyung dkk (2020). Pengembangan pembelajaran berbasis masalah berbasis etnomatematika untuk mendukung kemampuan literasi matematika dan rasa percaya diri siswa. Prosiding Konferensi AIP. 2268(1).
Fadella, E dkk. (2018). Keefektifan Problem-Based Learning Berbantuan Komik Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Rasa Ingin Tahu Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol 1. Hal 77-86.
Farihah, Umi. (2018). Students’ thinking preferences in solving mathema-tics problems based on learning styles: a comparison of paper pen-cil and geogebra. Journal of Physics: Conference Series. 1008. 012079.
Ferdianto, Ferry dkk. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Fungsi Kelas X SMA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. Vol 3(2). Hal 165-176.
Herdianto, E dkk. (2021). E-book Based on Mobile Learning Used Problem Based Learning (PBL) Model to Improve Problem-Solving Ability in Statistical Material. Journal of Physics: Conference Series. 1808. 012066.
Irwan, A, dkk. (2018). The development of mathematical learning material based on model-eliciting activities (MEAs) approach to improve mathematical problem-solving skills of students of grade X of Senior High School Padang. Journal of Physics: Conference Series 1040 (1), 012028
Isran, Rasyid & Rohani, Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika FITK UIN-SU Medan, Vol VII (1). Hal 91–96.
Khoiri, Wafik dkk. (2013). Problem Based Learning Berbantuan Multimedia dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2(1). Hal 115-121
Murtikusuma, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Untuk Siswa Kelas XI SMK Materi Barisan dan Deret. Saintifika. Vol 17(2). Hal 20–33.
Nurhayati, Erlin & Ahsani, Lukmanul. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Persamaan dan Fungsi Kuadrat melalui Model Problem Based Learning dengan Kartu True Or False. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. Vol 4(2). Hal 385-391.
Nursolekah, S & Suparman. (2019). Design of Mathematics Learning Module Based On Problem Based Learning to Improve Critical Thinking Ability Students. International Journal of Scientific & Technology Research. Vol. 8(12). Hal 2608-2016
Nyoto, Harsoyo. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Creative Problem Solving Berbantuan Media Geometer's sketchpad pada Materi Geometri Bidang Datar Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematika Kelas X MIPA/SMA Negeri Se-Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Diakses dari Universitas Sebelas Maret
Priyatno, N dkk. (2021). The Development of Mathematics Learning Devices Based On Problem Based Learning and Geogebra-Assisted for Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series. 1742(1). 012004.
Rahman, O dkk. (2021). Improving high school students’ critical thinking ability in linear programming through problem based learning assisted by GeoGebra. Journal of Physics: Conference Series. 1882. 012070.
Ramadhani, Rahmi dkk. (2020). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model pembelajaran flip-problem based berbasis LMS-google classroom. Jurnal Fisika: Seri Konferensi. 1657. 012025.
Ramadhani, Rahmi & Narpila, Suci. (2018). Problem Based Learning Method With Geogebra in Mathematical Learning. International Journal of Engineering and Technology. Vol 7 (3,2). Hal 774-777
Ramadhani, Rahmi dkk. (2019). The Effect of Flipped-Problem Based Learning Model Integrated With LMS-Google Classroom for Senior High School Students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists. Vol 7. Hal 137-158.
Saputri, Cici. (2016). Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Timbangan pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-8 SMP Negeri 21 Malang. Diakses dari Universitas Negeri Malang
Selvy, Y dkk. (2020). Improving students’ mathematical creative thinking and motivation through GeoGebra assisted problem based learning. Journal of Physics: Conference Series. 1460. 012004.
Shoimin, Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 .Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Tersedia dari Perpusnas.go.id
Sidabutar, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Microsoft Frontpage dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas X SMA. Journal Guru Kita, Dosen Pendidikan Matematika UHKBPN Pematang siantar. Vol 5, No.1. Hal 17-22
Sugiarto, Wahyoe. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Materi Komposisi Transformasi. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. Vol 1(1). Hal 42 - 48.
Wardono, Wardono dkk. (2016). Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. Journal of Physics: Conference Series. 693. 012014.
Wardono, Wardono dkk. (2018). Development of innovative problem based learning models with PMRI-scientific approach using ICT to increase mathematics literacy and independence-character of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series. 983. 012099.
Published
2022-07-31
How to Cite
Puspitasari, I. A., Azainil, A., & Basir, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2(1), 75-92. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1248

Most read articles by the same author(s)