Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Anggi Widyasari Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Azainil Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Rusdiana Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

Keywords:

Peningkatan, Hasil Belajar Matematika, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Samarinda. Subjek dari penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII-2 dan objek dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui dokumen, lembar observasi, tugas dan tes. Teknik analisis data menggunakan perhitungan nilai rata-rata hasil belajar siswa dan persentasi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada siklus I, terjadi peningkatan dari rata-rata nilai dasar 57,52 menjadi 63,65 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 14,81. Aktivitas guru dan siswa termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,38 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 51,85%. Aktivitas guru termasuk dalam kategori sangat baik sedangkan aktivitas siswa termasuk kategori baik. Pada siklus III, terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 78,09 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 88,89%. Aktivitas guru termasuk kategori sangat baik dan aktivitas siswa termasuk kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aras, S., Rusdiana, R., & Rizki, N. A. (2024). Kemampuan kognitif Siswa kelas homogen saat mengerjakan soal TIMSS materi bilangan. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 55-62.
Arends, R. (2012). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.
Astuti, P. H. M., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 26(2), 243.
Bili, M. R., & Ate, D. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Program Linear untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 1(2), 81.
Ernia, N., & Mahmudah, W. (2023). Pengembangan e-modul berbasis problem-based learning untuk melatih literasi numerasi siswa. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 61-70.
Haeruddin, & Hadijah. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 93-100.
Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 67–72.
Ikmawati, I., & Badariyah, A. N. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Matriks Untuk Kelas X SMK Samarinda. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 33-42.
Jumiarti, A., Dimpudus, A., & Haeruddin, H. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Turunan. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 33-42.
Khiat, H., & Vogel, S. (2022). A self-regulated learning management system: Enhancing performance, motivation and reflection in learning. Journal of University Teaching & Learning Practice, 19(2), 43-59.
Kurniawan. (2019). Penalaran Spasial Siswa Pada Tahapan Operasional Formal Menurut Piaget Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 21-26.
Lubis, M. A., & Azizan, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 6(2), 150.
Naufal, M. A., & Asdar, A. (2022). Investigasi Persepsi Mahasiswa Calon Guru Matematika Terhadap Penerapan Pembelajaran STEAM Di Sekolah. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 129-140.
Ningsih, S., Haryaka, U., & Watulingas, J. R. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43-54.
Pratama, G. H., Sugandi, A. I., & Yuliani, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas VII SMP Negeri 1 Margaasih. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 301–310.
Sholikah, K., Febriyanti, R., & Ilmayasinta, N. (2023). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 79-88.
Simamora, D. C., Nst, H. M. S., Luthfiah, D. A., & Nst, M. B. (2023). Pengaruh strategi PBL dan TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 9-18.
Sugeng, S., Duwi, W. C. N., & Basir, A. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Dalam Penerapan Model Inquiry, Group Investigation Dan Konvensional Siswa Kelas VII SMPN 35 Samarinda. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 81-90.
Usman. (2021). Ragam Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.Anggraini, R. R. D., & Aan, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 12(1): 31-41.
Wahyuni, A. P., Abbas, A. B., & Kukuh. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 115-122.
Wiriaatmadja, R. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-08-17

How to Cite

Widyasari, A., Azainil, A., & Rusdiana, R. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 4, 17–23. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4042

Most read articles by the same author(s)