Mewujudkan Pembelajaran Inklusif Melalui Akomodasi Bagi Siswa Dengan Gangguan Penglihatan Di Kelas IX SMPN 5 Samarinda

Authors

  • Andi Nurhikmah Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Yusak Hudiyono Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Mulawarman
  • Rusdiansyah Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.30872/jirpg.v2i2.5621

Keywords:

Pendidikan inklusif, Gangguan penglihatan, ABK, Strategi akomodatif, Samarinda

Abstract

Artikel ini mengkaji praktik penerapan pendidikan inklusif melalui akomodasi pembelajaran terhadap siswa dengan gangguan penglihatan di kelas IX G SMPN 5 Samarinda. Penelitian ini bersifat reflektif berdasarkan pengalaman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II yang difokuskan pada respons guru terhadap kebutuhan anak berkebutuhan khusus (ABK) secara individual. Temuan menunjukkan bahwa strategi sederhana seperti pengaturan posisi duduk, penyediaan materi cetak, serta pendekatan sosial yang inklusif dapat meningkatkan partisipasi dan kesejahteraan belajar siswa ABK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angraini, A., Salsabila, A., Aisnania, R., Hadana, W. F., & Mustika, D. (2024). Pendidikan Inklusi sebagai Peran Penting dalam Memberikan Pendidikan Setara Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 7(3), 6331−6338. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28935

Fionita, W., & Nurjannah, E. (2024). Implementasi Pendidikan Inklusif sebagai Perubahan Paradigma Pendidikan di Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 302−311. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2968

Hanifah, D. S., Haer, A. B., Widuri, S., &Santoso, M. B. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Menjalani Pendidikan Inklusif di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 473−483. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37833

Hasibuan, R. (2022). Implementasi Prinsip-Prinsip Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Insis, 8(1), 15−27.

Mulyani, D. W. C., & Abidinsyah. (2021). Strategi Pembelajaran Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN Antar 1 Marabahan. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(4), 197−216.

Puspita, D. R., & Wulandari, S. (2023). Prinsip, Implementasi dan Kompetensi Guru dalam Pendidikan Inklusi. Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(2), 1075−1082.

Putra, A. R., Nugroho, H., & Hidayat, T. (2019). Kebijakan Pendidikan Inklusi dan Aksesibilitas di Wilayah Pinggiran. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 45−58.

Rohmah, N. (2021). Pendidikan Inklusif: Mewujudkan Keadilan dan Kesetaraan dalam Pendidikan. Islamic Learning Journal, 5(1), 45−58.

Sari, D. P., & Wulandari, R. (2020). Tantangan Pendidikan Inklusi di Daerah Terpencil: Studi Kasus di Indonesia. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(2), 123−135.

UNESCO. (2020). Global education monitoring report 2020: Inclusion and education – All means all. UNESCO Publishing.

Yunus, V., Zakso, A., Priyadi, A. T., & Hartoyo, A. (2023). Pendidikan Inklusif pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. 9(2), 313−327. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2270

Downloads

Published

2025-12-04

How to Cite

Nurhikmah, A., Hudiyono, Y., & Rusdiansyah, R. (2025). Mewujudkan Pembelajaran Inklusif Melalui Akomodasi Bagi Siswa Dengan Gangguan Penglihatan Di Kelas IX SMPN 5 Samarinda. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 2(2), 73–80. https://doi.org/10.30872/jirpg.v2i2.5621

Issue

Section

Articles