Analisis dampak penggunaan media TikTok terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i2.4550Keywords:
TikTok, Media sosial, Motivasi belajar, Siswa sekolah dasarAbstract
Penggunaan aplikasi TikTok yang semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama di antara siswa sekolah dasar, memunculkan beragam tanggapan baik positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana siswa sekolah dasar menggunakan aplikasi TikTok dan dampaknya terhadap motivasi belajar. Dengan pendekatan kualitatif fenomenologi, penelitian ini melibatkan guru kelas, siswa, dan wali murid kelas IV SDN 001 Samarinda Kota sebagai subjek. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok tidak selalu berdampak negatif, namun konten pembelajaran yang menarik dalam aplikasi ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan memotivasi mereka untuk belajar secara mandiri. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan dalam mengkaji dampak negatif jangka panjang dan belum mengukur pengaruh TikTok secara kuantitatif terhadap motivasi belajar. Oleh karena itu, penelitian lanjutan disarankan untuk mendalami aspek-aspek tersebut guna memperoleh gambaran yang lebih komprehensif.
Downloads
References
Agrifina, V. F., Vrisilia, V., Agustina, L. N., Supriyadi, S., & Izzatika, A. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 12(2), 414-431. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol12issue2page414-431
Amir, N. F., Malmia, W., Magfirah, I., Andong, A., & Buton, S. (2024). Pemanfaatan media Educandy dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika Siswa kelas V Sekolah Dasar. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/primatika.v13i1.2800
Andara, S., Aisy, Z. I. R., Sutini, T., & Arifin, Muh. H. (2022). Penggunaan Media Sosial Dikalangan Anak Sekolah Dasar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(1), 48–52. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.55893
Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134. doi:https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
A'yun, R. W., Indriati, D. K., Mustanfidah, A., & Fitriana, A. (2021). Dampak Gadget terhadap Minat Baca Peserta Didik pada Tingkat SD/MI. Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1, 555–568.
Bujuri, D. A., Sari, M., Handayani, T., & Saputra, A. D. (2023). Penggunaan media sosial dalam pembelajaran: Analisis dampak penggunaan media Tiktok terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 112–127. https://doi.org/10.30659/pendas.10.2.112-127
Damayanti, R., Saputri, M., Nuralipah, & Alpian, Y. (2024). Analisis Penggunaan Sosial Media pada Hasil Belajar Siswa SD Kelas VI. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 7(1), 72–77. https://doi.org/10.33369/dikdas.v7i1.32403
Hasna Nur Alifah, Umi Virgianti, Muhammad Imam Zamah Sarin, Dicky Amirul Hasan, Fina Fakhriyah, & Erik Aditia Ismaya. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115. https://doi.org/10.54066/jikma.v1i3.463
Jamun, Y. M., Wejang, H. E. A., & Ngalu, R. (2019). JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 1–7.
Miftahussaadah, M., & Subiyantoro, S. (2021). Paradigma Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa. ISLAMIKA, 3(1), 97-107. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1008
Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960
Yuliana, Z., Nurhasanah, N., & Maksum, A. (2024). Hubungan Penggunaan Media Sosial Tiktok Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6624-6635. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14642
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arif Budiman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






