Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Rol Jurang Terhadap Pemahaman Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dyah Ayu Mustika Sari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Tria Mardiana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Aditia Eska Wardana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.30872/jirpg.v2i2.5686

Keywords:

Model Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Media Rol Jurang

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media ROL JURANG terhadap pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan. Desain penelitian ini menggunakan Pre-experimental one group pretest posttest. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Negeri Lungge Temanggung dengan jumlah 20 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes berbentuk isian singkat. Adapun uji validasi tes dilakukan dengan bantuan SPSS versi 27. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dengan Shapiro Wilk, sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis yang didapat menunjukkan P value = 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest, yang menandakan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media rol jurang berpengaruh terhadap pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II SD Negeri Lungge.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Mardiana, D., Fitriani, R. S., & Lesmana, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 3(3), 88–93. http://dx.doi.org/10.24269/silogisme.v3i3.1473

Nurhidayati, S., Tayeb, T., & Abbas, B. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran Pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas Vii Mtsn Model Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2), 236–250. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a6

Rosyidah, E. N., Djazilan, S., & Andriyanto, R. (2023). Penggunaan Media Papan Jusun (Penjumlahan Bersusun) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan Kelas I SDN Keboansikep 1. Prosiding National Conference for Ummah (NCU), 2(1), 135–139.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tresnawati, I., Anggraeny, Y., & Septiyan, G. D. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Statistika. COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education, 2(3), 99–108.

Trianto. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik : Konsep landasan teoritis-praktis dan implementasinya. Prestasi Pustaka.

Wahyuni, F. T., & Sholichah, N. M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi, 1(2), 121–127. https://doi.org/10.59818/jpi.v1i3.273

Downloads

Published

2025-12-04

How to Cite

Sari, D. A. M., Mardiana, T., & Wardana, A. E. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Rol Jurang Terhadap Pemahaman Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 2(2), 81–85. https://doi.org/10.30872/jirpg.v2i2.5686

Issue

Section

Articles