Identifikasi Kemampuan Siswa SMP dalam Berargumentasi Melalui Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM)

  • Firdatul Hasanah Universitas Jember
  • Pramudya Dwi Aristya Putra Universitas Jember
  • Rusdianto Universitas Jember
Keywords: Kemampuan berargumentasi, STEM, Siswa, SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan siswa dalam berargumentasi dan kemampuan siswa dalam menyajikan data untuk menunjang argumentasi yang dilihat dari kesesuain jawaban dengan materi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan dengan partisipan 12 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bondowoso. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa video dan rekaman suara. Hasil penelitian menunjukkan dari tiga indikator kemampuan berargumentasi yaitu claim, evidence, dan reasoning, siswa paling lemah dalam memberikan reasoning. Siswa juga belum sepenuhnya mampu menyesuaikan jawaban dengan materi yang dipelajari. Jawaban yang diberikan hanya berdasarkan asumsi pribadi tanpa disertai teori pendukung yang berkaitan dengan materi. Simpulan dari penelitian ini bahwa kemampuan siswa dalam berargumentasi masih tergolong rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Fathoni, S. Muslim, E. Ismayati, T. Rijanto, Munoto, L. N. (2020). STEM : INOVASI DALAM PEMBELAJARAN VOKASI. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33–42.

Abhi Purwoko, A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran Menggunakan Learning Management Systemberbasis Moodle pada Masa Pandemi Covid-19. In Indonesian Journal of Teacher Education (Vol. 2, Issue 1).

Aziziyyah Noer, H., Yanuar Pauzi, R., & Artikel, H. (2020). PROFIL KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN. In Jurnal Pelita Pendidikan (Vol. 8, Issue 2).

Bahrum, S., Wahid, N., & Ibrahim, N. (2017). Integration of STEM Education in Malaysia and Why to STEAM. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(6). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i6/3027

Cyntia Pritasari, A., Dwiastuti, S., & Maya Probosari, R. (2014). Nomor 1 Februari (Vol. 8).

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. (2020). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Http://Kemdikbud.Go.Id/, 021, 1–3.

Elisabeth Irma Novianti Davidi, Eliterius Sennen, K. S. (2021). Pembelajaran Menggunakan Learning Management Systemberbasis Moodle pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22.

Handayani, P., Murniati, & M, S. S. (2015). Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang Dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 60–68.

Pendidikan, J., Noviyani, M., Kusairi, S., & Amin, M. (2017). PEMBELAJARAN IPA DENGAN INKUIRI BERBASIS ARGUMEN.

Putri, R. E. (2017). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP Kelas VII melalui Bahan Ajar IPA Terpadu dengan Tema HALO pada Topik Kalor. In Jurnal SEMESTA (Vol. 01, Issue 01).

Rahayu, Y., Suhendar, S., & Ratnasari, J. (2020). Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia. BIODIK, 6(3), 312–318. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9802

Retno Fatmawati, D., & Ramli, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share Increasing The Argumentative Skill of Students through Action Research With Focus An Action of Think Pair Share (Vol. 15).

Sugiyarti, L., & Arif, A. (2018). Prosiding Seminar dan DiskusiNasional Pendidikan Dasar 2018 PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SD.

Published
2022-04-30
How to Cite
Hasanah, F., Putra, P. D. A., & Rusdianto. (2022). Identifikasi Kemampuan Siswa SMP dalam Berargumentasi Melalui Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(1), 1 - 9. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.974
Section
Articles