Identifikasi Kemampuan Siswa SMP dalam Berargumentasi Melalui Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM)
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.974Keywords:
Kemampuan berargumentasi, STEM, Siswa, SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan siswa dalam berargumentasi dan kemampuan siswa dalam menyajikan data untuk menunjang argumentasi yang dilihat dari kesesuain jawaban dengan materi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan dengan partisipan 12 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bondowoso. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa video dan rekaman suara. Hasil penelitian menunjukkan dari tiga indikator kemampuan berargumentasi yaitu claim, evidence, dan reasoning, siswa paling lemah dalam memberikan reasoning. Siswa juga belum sepenuhnya mampu menyesuaikan jawaban dengan materi yang dipelajari. Jawaban yang diberikan hanya berdasarkan asumsi pribadi tanpa disertai teori pendukung yang berkaitan dengan materi. Simpulan dari penelitian ini bahwa kemampuan siswa dalam berargumentasi masih tergolong rendah.
Downloads
References
A. Fathoni, S. Muslim, E. Ismayati, T. Rijanto, Munoto, L. N. (2020). STEM : INOVASI DALAM PEMBELAJARAN VOKASI. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33–42.
Abhi Purwoko, A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran Menggunakan Learning Management Systemberbasis Moodle pada Masa Pandemi Covid-19. In Indonesian Journal of Teacher Education (Vol. 2, Issue 1).
Aziziyyah Noer, H., Yanuar Pauzi, R., & Artikel, H. (2020). PROFIL KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN. In Jurnal Pelita Pendidikan (Vol. 8, Issue 2).
Bahrum, S., Wahid, N., & Ibrahim, N. (2017). Integration of STEM Education in Malaysia and Why to STEAM. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(6). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i6/3027
Cyntia Pritasari, A., Dwiastuti, S., & Maya Probosari, R. (2014). Nomor 1 Februari (Vol. 8).
Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. (2020). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Http://Kemdikbud.Go.Id/, 021, 1–3.
Elisabeth Irma Novianti Davidi, Eliterius Sennen, K. S. (2021). Pembelajaran Menggunakan Learning Management Systemberbasis Moodle pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22.
Handayani, P., Murniati, & M, S. S. (2015). Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang Dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 60–68.
Pendidikan, J., Noviyani, M., Kusairi, S., & Amin, M. (2017). PEMBELAJARAN IPA DENGAN INKUIRI BERBASIS ARGUMEN.
Putri, R. E. (2017). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP Kelas VII melalui Bahan Ajar IPA Terpadu dengan Tema HALO pada Topik Kalor. In Jurnal SEMESTA (Vol. 01, Issue 01).
Rahayu, Y., Suhendar, S., & Ratnasari, J. (2020). Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia. BIODIK, 6(3), 312–318. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9802
Retno Fatmawati, D., & Ramli, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share Increasing The Argumentative Skill of Students through Action Research With Focus An Action of Think Pair Share (Vol. 15).
Sugiyarti, L., & Arif, A. (2018). Prosiding Seminar dan DiskusiNasional Pendidikan Dasar 2018 PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.