Proses Pembelajaran Siswa Tunanetra Pada Materi Bangun Datar Persegi

  • Aqmal Hakim Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Dwiyanti Suriani Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Selvia Nuraini Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Desita Dwi Ramadhani Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Jumain Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Rahma Adya Pinastika Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Yan Ayu Lintang Sagita Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Ikmawati Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Tunanetra, Pembelajaran Matematika, Bangun Datar Persegi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran siswa tunanetra pada materi bangun datar persegi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa tunanetra kelas VII dan dua guru di SLB Negeri Samarinda. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika pada materi persegi. Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan utama sebagai berikut. Pada kegiatan awal, guru membuka pelajaran dengan berdoa dan bernyanyi bersama, serta memberikan apersepsi mengenai materi sebelumnya yang berkaitan dengan persegi. Pada kegiatan inti, guru menjelaskan materi persegi dengan menggunakan buku Braille dan memberikan contoh konkret penggunaan persegi, seperti bentuk meja. Pada kegiatan penutup, guru memberikan evaluasi terhadap materi yang diberikan dan refleksi kepada siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aqmal Hakim, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Dwiyanti Suriani, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Selvia Nuraini, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Jumain, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Rahma Adya Pinastika, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Yan Ayu Lintang Sagita, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Ikmawati, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

References

Ali, M. (2023). Permainan Panbilbul meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan bulat. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 71–78.
Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Babai, R., & Lahav, O. (2020). Interference In Geometry Among People Who Are Blind. Research in Developmental Disabilities, 96, 1–12.
Hastini, U. R., Suriaty, & Asyril. (2022). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMPN 15 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 25–28.
Heimler, B., Behor, T., Dehaene, S., Izard, V., & Amedi, A. (2021). Core Knowledge of Geometry Can Develop Independently of Visual Experience. Cognition, 212.
Ikmawari, Samsuddin, A. F., Najmiah, S., Ramadhan, D. R., Rusdiana, Untu, Z., Muhtadin, A., Fendiyanto, P., Rizki, N. A., & Kurniawan. (2022). Pendampingan Orang Tua dalam Pembuatan Media Belajar Matematika di Kelurahan Sungai Pinang Luar Kota Samarinda. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1485-1490.
Khakiim, U., Degeng, I. N. S., & Widiati, U. (2016). Pelaksanaan Membuka Dan Menutup Pelajaran Oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(9), 1730–1734.
Kurniawan. (2019). Penalaran Spasial Siswa Pada Tahapan Operasional Formal Menurut Piaget Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 21–26.
Lastia, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3), 242–250.
Marlair, C., Pierret, E., & Crollen, V. (2021). Geometry Intuitions Without Vision? A Study In Blind Children And Adults. Cognition, 216, 1–8.
Muhtadin, A. (2020). Defragmenting Struktur Berpikir Melalui Refleksi untuk Memperbaiki Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 25–34.
Muwattho, F. P., Aminuyati, & Okiana. (2018). Pengaruh Pemberian Apersepsi terhadap Kesiapan Belajar Siswa pada Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2), 1–10.
Nugroho, D., Untu, Z., & Samsuddin, A. F. (2023). Kecemasan Matematika Siswa Ditinjau Dari Hasil Belajar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 52–62.
Riani, Asyril, & Untu, Z. (2022). Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 51–60.
Rizki, N.A., & Medika, A. D. (2023). Geometri Analitis: Koordinat Kartesius dan Kutub Pada Bidang Euclid. Yogyakarta: Deepublish.
Rusdiana, Sutawidjaja, A., Irawan, E. B., & Sudirman. (2018). Students Strategies In Solving Problem Of Patterns Generalization. International Journal of Scientific & Technology Research, 7, 132–135.
Safrudiannur, Labulan, P. M., Suriaty, Ngilawajan, D. A., Cahyono, A. N., Putra, Z. H., Pagiling, S. L., & Rott, B. (2023). Pre-service mathematics teachers’ beliefs: a quantitative study to investigate the complex relationships in their beliefs. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1–7.
Samsuddin, A. F., & Retnawati, H. (2022). Self-efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 17–26.
Setiawati, S., Untu, Z., & Samsuddin, A. F. (2023). Penerapan Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tenggarong Seberang. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(2), 197–206.
Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. Komunika, 10(2), 342–362.
Untu, Z. (2019). Profil Kesalahan Pengetahuan Deklaratif Guru SD Dalam Membelajarkan Bangun Datar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 11–20.
Untu, Z., Purwanto, & Parta, I. N. (2020). Kesalahan guru dalam pembelajaran matematika materi bangun datar ditinjau dari Pengetahuan deklaratif. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 3(1), 17–30.
Utami, A. D., & Suriyah, P. (2015). Strategi Guru Dalam Membelajarkan Matematika Terkait Pengetahuan Konseptual Kepada Anak Tunanetra. Jurnal Derivat, 2(1), 11–23.
Wahyuni, A. P., Abbas, A. B., & Kukuh, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 115–122.
Winarsih, S. dkk. (2013). Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus bagi Pendamping (Orang Tua, Keluarga, dan Masyarakat). Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.
Yulianti, I., & Sopandi, A. A. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Orientasi dan Mobilitas bagi Anak Tunanetra di SLB Negeri 1 Bukittinggi Indri. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(2), 61–66.
Published
2023-07-30
How to Cite
Hakim, A., Suriani, D., Nuraini, S., Ramadhani, D. D., Jumain, J., Pinastika, R. A., Sagita, Y. A. L., & Ikmawati, I. (2023). Proses Pembelajaran Siswa Tunanetra Pada Materi Bangun Datar Persegi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 42-48. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2465