Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe HOTS Materi Pola Bilangan

  • Sarasmawati Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • PM Labulan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Ikmawati Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Kemampuan, Penyelesaian Soal, HOTS, Pola Bilangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan soal matematika tipe HOTS materi pola bilangan siswa kelas VIII MTs Nabil Husein Samarinda tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Nabil Husein Samarinda yang berjumlah 50 siswa dan objek penelitian adalah kemampuan menyelesaikan soal tipe HOTS siswa kelas VIII C dan VIII D. Adapun instrumen penelitian terdiri dari tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa diperoleh 1 siswa berada pada kategori berkemampuan baik, 4 siswa berada pada kategori berkemampuan cukup, 31 siswa berada pada kategori berkemampuan kurang, dan 14 siswa berada pada kategori berkemampuan sangat kurang. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa mampu memahami masalah pada soal nomor 1, 2, dan 3, sedangkan untuk soal nomor 4 level C6 (Mencipta) siswa masih sulit mengidentifikasi informasi dan pertanyaan yang ada. Pada tahap merencanakan pemecahan masalah, menyelesaikan masalah sesuai perencanaan dan memeriksa kembali sebagian besar siswa hanya mampu menjelaskan bagaimana mereka menyelesaikannya pada soal nomor 1 dan 2 yaitu soal level C4 (Menganalis). Sejalan dengan hasil pekerjaan siswa, siswa dominan hanya menyelesaikan soal level C4, dan sangat kurang dalam menyelesaikan soal level C5 dan C6. Sehingga kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS kelas VIII MTs Nabil Husein Samarinda berada pada kategori kurang dengan persentase 26,25%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
As’ri Abdur Rahman,dkk 2017. Buku Guru Matematika untuk SMP/MTS kelas VIII semester II. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan Balitbang Kemendikbud
Astutiani, R., Isnarto., & Hidayah, I. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Seminar Nasional Pascasarjana: UNNES
Hasyim, M, & Andreina, F.K. 2019. Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Herlambang. 2013. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepahiang Tentang Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. Tesis. Universitas Bengkulu
Jamaluddin. 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Himpunan Di Kelas VII SMP Negeri 1 Tanasiyolo. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Mukhtar. 2013. Metodelogi Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Pess Group.
Muncorno, 2008. Penerapan Model Penyelesaian Soal Cerita dengan Langkah-Langkah Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SMP. Jurnal Nuansa Pendidikan Lampung LPMP Universitas Lampung.
Nugroho, R. Arifin. 2018. HOTS-Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-Soal. Jakarta: Grasindo
Ramli, Restu W. 2020. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pokok Bahasan Pola Bilangan Pada Kelas VIII A SMP Negeri 1 Sungguminasa. Skripsi.UMM
Raharjo, Marsudi & Andri Setiawan. 2018. Matematika SMP/MTs Kelas VIII Berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Erlangga
Samsu. 2017. Metode Penelitian. Jambi: Pusakajambi
Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tanggerang: Tsmart
Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing
Setiawan, Dicky. 2014. Berkenalan dengan Phytagoras. Surabaya: Iravi Jaya
Solaikah, dkk. 2013. Identifikasi Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol. 01 No.1
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wahyudi dan Indri Anugraheni. 2017. Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press
Widoyoko, E.P. 2014. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka: Pelajar.
Wijaya, A dan Suhaji. 2011. Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala
Published
2023-07-30
How to Cite
Sarasmawati, S., Labulan, P., & Ikmawati, I. (2023). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe HOTS Materi Pola Bilangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 256 - 263. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2492