Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah matematika Pada Materi Bilangan Bulat Dan Pecahan

Authors

  • Jefri Febrianto Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Petrus Fendiyanto Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Suriaty Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Kukuh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

Keywords:

Kemampuan, Masalah Matematika, Bilangan Bulat, Pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi bilangan bulat dan pecahan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 35 Samarinda tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 35  Samarinda tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 58 siswa dan objek penelitian adalah kemampuan siswa menyelesaikan masalah matematika pada materi bilangan bulat dan pecahan berdasarkan langkah-langkah menyelesaikan masalah menurut Polya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bilangan bulat dan pecahan secara keseluruhan tidak terdapat siswa dengan kategori kemampuan sangat baik, 1 siswa dengan kategori kemampuan baik, 11 siswa dengan kategori cukup, 26 siswa dengan kategori kurang, dan 20 siswa dengan kategori sangat kurang. Berdasarkan tahap menyelesaikan masalah yaitu tahap memahami masalah sebesar 46,98% termasuk ke dalam kategori kemampuan cukup, tahap merencanakan penyelesaian masalah sebesar 11,64% termasuk ke dalam kategori kemampuan sangat kurang, tahap melaksanakan penyelesaian sebesar 28,45% termasuk ke dalam kategori kemampuan kurang, dan tahap memeriksa kembali sebesar 27,48% termasuk ke dalam kategori kemampuan kurang. Persentase rata-rata tingkat kemampuan siswa  dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bilangan bulat adalah 27,48%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan menyelesaikan masalah matematika pada materi bilangan bulatr dan pecahan tahun ajaran 2022/2023 tergolong kategori kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadillah, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Social Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Universitas Mulawarman.

Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.

Hanifah, N., Labulan, P., & Kukuh, K. (2018). Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Dalam Kompetensi Dasar Geometri Kelas VII Di SMP/MTs Kecamatan Sambutan Tahun Ajaran 2015/2016. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 71-80. https://doi.org/10.30872/primatika.v7i2.415

Hidayati, H., & Sugeng, S. (2021). Penerapan Transformasi Geometri Pada Desain Batik Lia Maido Menggunakan Desmos. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 99-106. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.711

Ikmawati, I., & Badariyah, A. N. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Matriks Untuk Kelas X SMK Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 33-42. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.139

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori Penerapan dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia

Kambey, R. A., Dimpudus, A., & Azainil, A. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Katolik Santo Mikail Balikpapan Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Kubus Dan Balok Tahun Ajaran 2016/2017. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 89-96. https://doi.org/10.30872/primatika.v7i2.417

Kurniawan, K. (2019). Penalaran Spasial Siswa Pada Tahapan Operasional Formal Menurut Piaget Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 21-26. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.137

Kurniawan, K. (2019). Pemahaman Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Pemecahan Masalah Dimensi Tiga. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 63-72. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i2.141

Nurhayati, N., Labulan, P. L., & Berahman, B. (2022). Kemampuan Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Pada Siswa Kelas X. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 121-128. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.963

Pratama, F. Y. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Matematika

Riani, R., Asyril, A., & Untu, Z. (2022). Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 51-60. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1064

Setiawan, A. (2016). Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Nasional Sains dan Pendidikan Sains, 6(1), 1-10

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Febrianto, J., Fendiyanto, P., Suriaty, S., & Kukuh, K. (2023). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah matematika Pada Materi Bilangan Bulat Dan Pecahan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 204–210. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2485

Most read articles by the same author(s)