Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Secara Daring di SMK Kesehatan Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021

  • Deviona Carolensa Universitas Mulawarman
  • Ariantje Dimpudus Universitas Mulawarman
  • Kukuh Universitas Mulawarman
Keywords: Persepsi, Pembelajaran secara daring, Matematika, Siswa

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring siswa SMK Kesehatan Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Kesehatan sebanyak 234 siswa. Objek penelitian ini persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring di SMK Kesehatan Samarinda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini, ialah analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis dari bab 4 disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring di SMK Kesehatan Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021 masuk dalam kategori Cukup baik 31,62%. Sehingga dapat disimpulkan persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring di SMK Kesehatan Samarinda termasuk kategori Cukup baik. Hal tersebut dapat diartikan bahwa siswa berpendapat selama pembelajaran matematika secara daring guru tetap menjelaskan dan memberikan contoh penyelesaian dari materi barisan aritmatika dan statistika seperti pada saat pembelajaran tatap muka disekolah dan pada saat mengajar guru menunjukkan penguasaan materi barisan aritmatika dan stastistika sehingga siswa dapat memahami apa yang guru jelaskan, tetapi walaupun siswa paham terkadang pada saat guru memberikan tugas siswa tidak dapat menyelesaikan tugas matematika tersebut, beberapa siswa juga berpendapat bahwa tidak terlalu mengalami gangguan jaringan internet didaerah tempat tinggal siswa sehingga dapat hadir tepat waktu dan dapat mengikuti pembelajaran matematika secara daring dan siswa merasa senang mengikuti pembelajaran matematika secara daring tanpa merasa tertekan dengan tugas-tugas matematika yang guru berikan pada saat kegiatan pembelajaran berakhir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adila, K., Harisah, Y. (2020). Persepsi Siswa kelas X Mipa SMA Negeri 1 Bojong terhadap Pembelajaran Online pada pelajaran Matematika. ProSANDIKA: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1): 401-406.

Amelia, Y., & Darussyamsu, R. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online Matapelajaran Biologi Di Masa Pandemi Covid-19. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 86-93.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi, dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: jurnal pendidikan dan kebudayaan, 10(3), 282-289.

Gasong, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Gusty, S., Nurmiati, Muliana, Sulaiman, O.K.m, Ginantra, N.L.W.S.R., Manahutu, M.A., Sudarso, A., Leuwol, N.V., Apriza, Sahabuddin, A.A., …, Warella, S.Y. (2020). Belajar Mandiri Pembelajaran Daring di tengah Pandemi COVID-19. Kita Menulis. https://kitamenulis.id/

Handarini, O.I., Wulandari, S.S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya studi from home (SFH) selama pandemi Covid-19. Jurnal Pendidkan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3): 496-503.

Harefa, N., Sumiyati. (2020). Persepsi siswa Terhadap Google Classroom sebagai LMS pada Masa Pandemi Covid-19. Science Education and Application Journal, 2(2): 88-100.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring menggunakan Media Online selama Pandemi Covid-19 pada Mata Melajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 7(2): 124-132.

Rosiyanti, H., Adriansyah, A.F., Widiyasari, R., Dewi, N.S. (2020). Analisis persepsi peserta didik terhadap video pembelajaran matematika kelas VIII pada masa pandemi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ 2020.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Sugeng. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Samarinda: Purry Kencana Mandiri.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susatyo, P.W. (2018). Psikologi Eksperimen. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Umbara, U. (2017). Psikologi Pembelajaran Matematika. Sleman: CV. Budi Utama.

Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S.S., Mahawati, E., Sudra, R.I., Dwiyanto, H., Irawan, E., Ardiana, D.P.Y., Muttaqin, Yuniwati, I (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan Teori dan Terapan. Kita Menulis. https://kitamenulis.id/

Zamista, R. (2020). Persepsi Mahasiwa Terhadap Pembelajaran dalam Jaringan untuk Mata Kuliah Kalkulus. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1): 41-48.

Published
2021-07-01
How to Cite
Carolensa, D., Dimpudus, A., & Kukuh, K. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Secara Daring di SMK Kesehatan Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 1(1), 43-53. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1038