Kemampuan Menyelesaikan Masalah Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

  • Siti Rukmana Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Rusdiana Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Suriaty Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Kemampuan, Masalah Kontekstual, Sistem Persamaan Linear

Abstract

Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menyelesaikan masalah kontekstual pada materi sistem persamaan linear tiga variabel siswa kelas X MIPA SMA Negeri 3 Samarinda. Subjek penelitian diambil 4 kelas yaitu siswa kelas XA, XB, XC, dan XF SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2022/2023 sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan menyelesaikan masalah kontekstual pada materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan tahapan menyelesaikan masalah menurut Polya. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis berbentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 128 siswa kelas X SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2022/2023 terdapat 2 siswa dengan kategori kemampuan sangat baik, 10 siswa dengan kategori kemampuan baik, 9 siswa dengan kategori kemampuan cukup, dan 107 siswa dengan kategori kurang. Persentase pada setiap tahapan menyelesaikan masalah menurut Polya, yaitu pada tahapan memahami masalah sebesar 18%, pada tahapan merencanakan penyelesaian masalah sebesar 41%, pada tahapan melaksanakan rencana penyelesaian sebesar 32%, dan tahapan melihat kembali sebesar 31%. Pada rata-rata hasil tes kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual sistem persamaan linear tiga variabel adalah 41,781 dan persentase rata-rata tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual sistem persamaan linear tiga variabel adalah 32% tergolong kategori kurang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Rukmana, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Rusdiana, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Suriaty, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

References

Arafah, A. A., Sukriadi, & Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 358–366.
Darmawan, R. A., Asyril, & Untu, Z. Analisis Buku Matematika Siswa Kelas VIII Kurikulum 2013 Dengan Materi SPLDV Berdasarkan Kriteria Bell. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 93–102.
Fendiyanto, P. (2022). Struktur Aljabar 1. Yogyakarta: Bintang Semesta Media.
Fitriani, A., Basir, A., & Watulingas, J. R. (2022). Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Kelas VIII Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Kriteria Bell. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 127–143.
Hobri, H., Widyasari, N. K., & Murtikusuma, R. P. (2020). Analysis of High School Students’ Problem Solving in Solving Jumping Task Problems on Arithmetic Sequences and Series. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 124–141.
Julia, A., Safrudiannur, & Watulingas, J. R. (2022). Analisis Soal-soal Latihan dalam Buku Teks Matematika SMP Indonesia, Malaysia, dan Singapura pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 5(2), 593–609.
Lestari, K. E. & Yudhanegara. M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149–160.
Nurfuahdianty, L. (2017). Kemampuan Siswa Menerapkan Aturan Sinus dan Cosinus di Kelas X MIA SMA Negeri 6 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. [Skripsi, Universitas Mulawarman].
Nurhayati, N., Labulan, P. L., & Berahman, B. (2022). Kemampuan Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Pada Siswa Kelas X. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 121–128.
Pasaribu, L. H. (2021). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. 5(2), 1902–1910.
Pirmanto, Y., Anwar, M. F., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret dengan Langkah-Langkah Menurut Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 371-384.
Pratama, F. Y. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. [Skripsi, Universitas Mulawaran].
Riani, R., Asyril, A., & Untu, Z. (2022). Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 51–60.
Safrudiannur, Labulan, P. M., Suriaty, Ngilawajan, D. A., Cahyono, A. N., Putra, Z. H., Pagiling, S. L., & Rott, B. (2023). Pre-service mathematics teachers’ beliefs: a quantitative study to investigate the complex relationships in their beliefs. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1–7.
Sari, R. P., Boleng, D. T., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Perkembangan Moral Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3, 75–81.
Sepeng, P., & Madzorera, A. (2014). Sources of Difficulty in Comprehending and Solving Mathematical Word Problems. International Journal of Educational Sciences, 6(2), 217–225.
Setyowati, D. (2020). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 14 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. [Skripsi, Universitas Mulawarman].
Sulfemi, W. B., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno, 18(2), 1–19.
Wicaksono, B. M. (2020). Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Siswa di Kelas VII SMP Nabil Husein Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. [Skripsi, Universitas Mulawarman].
Widyastuti, R. (2015). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183–193.
Published
2023-07-30
How to Cite
Rukmana, S., Rusdiana, R., & Suriaty, S. (2023). Kemampuan Menyelesaikan Masalah Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 161-166. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2480