Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di SMA Negeri Penajam Paser Utara

  • Prasetyo Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Kukuh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Sugeng Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian expost facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri Penajam Paser Utara tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu motivasi belajar siswa dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Penajam Paser Utara. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar dan angket. Analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukan rata-rata motivasi belajar siswa berkategori tinggi dan rata-rata hasil belajar matematika siswa berkategori sedang. Hasil analisis inferensial untuk uji t menunjukan variabel persepsi siswa pada pelaksanaan pembelajaran guru dalam kelas dan motivasi belajar siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa secara partial. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara persepsi siswa pada pelaksanaan pembelajaran guru dalam kelas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri Penajam Paser Utara tahun ajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748
Dimpudus, A., & Ding, A. C. H. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kebudayaan Suku Dayak Sebagai Sumber Belajar Matematika Di SMP Negeri 1 Linggang Bigung Kutai Barat. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 111-118. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i2.146
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Kambey, R. A., Dimpudus, A., & Azainil, A. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Katolik Santo Mikail Balikpapan Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Kubus Dan Balok Tahun Ajaran 2016/2017. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 89-96. https://doi.org/10.30872/primatika.v7i2.417
Karuru, P., & Tangkeallo, D. K. (2017). PROFESI KEPENDIDIKAN Penerbit: UKI Toraja Press (B. Paonganan (ed.); 1st ed., Issue August). UKI Toraja Press.
Mardiah, L. F., Kukuh, K., & Haryaka, U. (2018). Interaksi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas XII SMK Negeri 7 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 97-104. https://doi.org/10.30872/primatika.v7i2.418
Muhayana, I., Sridana, N., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2021). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Matematika SMPN 1 Narmada Tahun Ajaran 2019/2020. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 132–141. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.40
Ningsih, S., Haryaka, U., & Watulingas, J. R. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43-54. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.140
Nurmuiza, I., Maonde, F., & Sani, A. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMAN. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 113–122.
Salmeto. (2003). BELAJAR & FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI. Rineka Cipta.
Sianipar, R. U., Sidabutar, R., Novatrasio, G., & Siregar, S. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika. 2(2), 427–436. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i02.1797
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). ALFABETA.
Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian. In Journal Academia. Mahameru Press.
Usatnoby, M. C. M., Amsikan, S., & Mamoh, O. (2020). Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di kelas VIII SMP Negeri Nunufafi Tahun Ajaran 2019/2020. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(2), 59–63. https://doi.org/10.32938/jipm.5.2.2020.59-63
Published
2023-07-30
How to Cite
Prasetyo, P., Kukuh, K., & Sugeng, S. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di SMA Negeri Penajam Paser Utara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 218-223. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2487