Implementasi Pohon Keputusan untuk Klasifikasi Cara Belajar Mahasiswa Mandiri dan Berkelompok Berdasarkan Sumber Belajarnya

  • Nanda Arista Rizki Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Mutiara Mumtaza Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Carolina Fadia Dewi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Dhira Syahlafandi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Petrus Fendiyanto Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Cara belajar Mahasiswa, Pohon keputusan, Sumber belajar

Abstract

Mahasiswa dapat belajar secara mandiri atau berkelompok. Cara belajar ini dapat diklasifikasikan berdasarkan sumber belajarnya dengan menggunakan pohon keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat pohon keputusan yang dapat mengklasifikasi cara belajar mahasiswa mandiri dan berkelompok berdasarkan sumber belajarnya. Atribut pembentuk pohon keputusan ini adalah sumber belajar YouTube, buku cetak, buku elektronik, jurnal, Podcast, dan les/kursus. Data diambil dari 111 Mahasiswa yang masih mengambil mata kuliah. Berdasarkan hasil penelitian, terbentuklah 10 aturan implikasi dengan sumber belajar YouTube sebagai faktor penentunya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nanda Arista Rizki, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Mutiara Mumtaza, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Dhira Syahlafandi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Petrus Fendiyanto, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

References

Abbas, A. B., & Rizki, N. A. (2023). Mediasi regulasi diri atas pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika Siswa SMP. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 51-60.
Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 43–48.
Anisa, Y. (2022). Peran Channel Youtube Sebagai Media Alternatif untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika dan Media Informasi pada Tingkat Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 13–21.
Chair, M., Nasution, Y. N., & Rizki, N. A. (2017). Aplikasi Klasifikasi Algoritma C4. 5 (Studi Kasus Masa Studi Mahasiswa Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman Angkatan 2008). Jurnal Informatika Mulawarman, 12(1), 50–55.
Dani, A. T. R., Wahyuningsih, S., & Rizki, N. A. (2019). Penerapan Hierarchical Clustering Metode Agglomerative pada Data Runtun Waktu. Jambura Journal of Mathematics, 1(2), 64–78.
Dani, A. T. R., Wahyuningsih, S., & Rizki, N. A. (2019). Pengelompokkan Data Runtun Waktu menggunakan Analisis Cluster. Eksponensial, 11(1), 29–38.
Dhika, B. L. S., Watulingas, J. R., & Haryaka, U. (2021). Pengaruh Locus of Control Internal dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 43-50.
Feldman, R., & Sanger, J. (2007). The Text Mining Handbook Advanced Approaches in Analyzing Unstructured Data. Cambridge: Cambridge University Press.
Harani, N. H., & Prianto, C. (2020). Penerapan Adaboost Berbasis Pohon Keputusan Guna Menentukan Pola Masuknya Calon Mahasiswa Baru. Jurnal Transformatika, 18(1), 123–132.
Irwan, Sauddin, A., & Ida, N. (2022). Penerapan Pohon Keputusan Dalam Memprediksi Masa Studi Mahasiswa UIN Alauddin Makassar. Jurnal INSTEK (Informatika Sains Dan Teknologi), 7(2), 201–210.
Latifah, A., & Prastowo, A. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Model Website Dan M-Learning Melalui Youtube Pada Mata Pelajaran PAI Kelas 2 SD/MI. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 69–78.
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135–159.
Rohman, A., & Rufiyanto, A. (2020). Komparasi Model Decision Tree Untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa Di Universitas Pandanaran. Neo Teknika, 6(1), 1–5.
Rizki, N. A., Fendiyanto, P., & Jariah, A. (2020). Perbandingan Klasifikasi Penjurusan Peserta Didik pada Model Diskriminan dan Regresi Logistik Multinomial. Metik Jurnal, 4(2), 49–54.
Rizki, N. A., Wasono, & Nasution, Y. N. (2019). Perbandingan model klasifikasi linear discriminant analysis dan K-nearest neighbor untuk data penjurusan siswa Madrasah Aliyah Negeri Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 4(3), 562–565.
Rizki, N. A., Wasono, & Nasution, Y. N. (2019). The Exploring of Student’s School Majoring Data at Madrasah Aliyah Negeri in Samarinda Using Linear Discriminant Analysis Models. Journal of Physics: Conference Series, 1277(1), 012047.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (1996). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raya Grafindo Persada.
Safii, M. (2018). Implementasi Data Mining Dengan Metode Pohon Keputusan Algoritma ID3 Untuk Menentukan Status Mahasiswa. Jurnal Mantik Penusa, 2(1), 82–87.
Sugeng, Fanti, Y. D. A., & Azainil, A. (2020). Pengaruh Kesiapan Belajar dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Samarinda. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 71–80.
Wahyuni, N. A., Hayati, M. N., & Rizki, N. A. (2021). Metode Hierarchical Density-Based Spatial Clustering of Application with Noise (HDBSCAN) Pada Wilayah Desa/Kelurahan Tertinggal di Kabupaten Kutai Kartanegara. Eksponensial, 12(1), 47–52.
Published
2023-07-30
How to Cite
Rizki, N. A., Mumtaza, M., Dewi, C. F., Syahlafandi, D., & Fendiyanto, P. (2023). Implementasi Pohon Keputusan untuk Klasifikasi Cara Belajar Mahasiswa Mandiri dan Berkelompok Berdasarkan Sumber Belajarnya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 101-106. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2472