Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Segiempat

  • Diah Permani Putri Bakti Tulus Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Zainuddin Untu Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Sugeng Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Materi Segiempat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika di kelas VII D SMP N 24 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu menemukan dan menggambarkan secara naratif kegiatan yang dilakukan dan dampak dari tindakan yang dilakukan subjek. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan pada siswa yang memiliki hasil tes tertinggi sehingga diperoleh subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa di kelas VII D SMPN 24 Samarinda. Objek penelitian ini adalah berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan 4 tahapan dari Jacob dan Sam yaitu klarifikasi (merumuskan pertanyaan permasalahan), asesmen (mengumpulkan dan menilai informasi), inferensi (menentukan urutan langkah-langkah penyelesaian dengan runtut), dan strategi (menentukan tindakan alternatif). Teknik pengumpulan data diawali dari observasi pada saat kegiatan pembelajaran matematika materi segiempat karena pada materi ini subjek mengenal jenis-jenis bangun datar segiempat secara keseluruhan, kemudian melakukan tes materi segiempat terakhir wawancara mengenai hasil tes yang telah diperoleh subjek. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman yang dilakukan secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap klarifikasi subjek dapat  merumuskan pertanyaan pada permasalahan baik dalam segi gambar maupun tulisan. Tahap asesmen subjek hanya menuliskan atau mengumpulkan beberapa informasi secara benar. Tahap inferensi subjek belum mampu menentukan langkah-langkah penyelesaian secara runtut dan sistematis. Dan tahap terakhir adalah tahap strategi di mana subjek belum memperoleh langkah alternatif penyelesaian yang mengarah pada solusi

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Diah Permani Putri Bakti Tulus, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Zainuddin Untu, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Sugeng, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

References

Abdullah, I. H. (2016). Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1-10.
Adinda, A. (2016). Berfikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu- ilmu Pendidikan, 4(1), 125–138.
Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167-178.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 13 (2), 1-10.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.
Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Discovery Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117.
Fendiyanto, P. (2022). Struktur Aljabar 1. Yogyakarta: Bintang Semesta Media.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Berkepribadian Ekstrovert dan Introvert. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325–330.
Gurcay, D., & Ferah, H. O. (2018). High School Students’ Critical Thinking Related to Their Metacognitive Self-Regulation and Physics Self-Efficacy Beliefs. Journal of Education and Training Studies, 6(4), 125–130.
Halimah, H., Untu, Z., & Suriaty, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Structure of Observed Learning Outcomes (SOLO). Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10.
Hanifah, N., Labulan, P., & Kukuh, K. (2018). Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Dalam Kompetensi Dasar Geometri Kelas VII Di SMP/MTs Kecamatan Sambutan Tahun Ajaran 2015/2016. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 71–80.
Hastini, U. R., Suriaty, & Asyril. (2022). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMPN 15 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 25–28.
Herlinda, M., Siregar, N., Siliwangi, U., & Barat, J. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. JARME (ournal of Authentic Research on Mathematics Education), 2(1), 57–66.
Hendriana, Heris, & Soemarmo, Utari. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Hidayanti, R., Alimuddin, & Syahri’, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas VII 1 SMP Negeri 2 Labakkang. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(1), 71–80.
Kurniawan. (2019). Penalaran Spasial Siswa Pada Tahapan Operasional Formal Menurut Piaget Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 21–26.
Imayanti, I., Syarifuddin, S., & Mikrayanti, M. (2021). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Relasi dan Fungsi pada Siswa SMP. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 2(1), 1–8.
Lestari, S., & Wijayanti, P. (2013). Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Dan Perbedaan Jenis Kelamin Pada Materi Kubus Dan Balok. Jurnal Matematika Atau Pembelajarannya, 3(2), 1–4.
Maulidya, A. (2018). Anita Maulidya : Berpikir Dan Problem Solving. Ihya Al- Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 11–29.
Muhtadin, A. (2020). Defragmenting Struktur Berpikir Melalui Refleksi Untuk Memperbaiki Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 25–34.
Muhtadin, A., Rizki, N. A., & Fendiyanto, P. (2023). Pendampingan Mendesain Soal Literasi Matematika Model PISA Dengan Pendekatan Etnomatematika (Konteks Sosial Budaya Masyarakat Kutai). Al-Khidmat, 6(1), 18–25.
Nugroho, D., Untu, Z., Samsuddin, A. F. (2023). Kecemasan Matematika Siswa Ditinjau Dari Hasil Belajar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 52–62.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158.
Riani, Asyril, & Untu, Z. (2022). Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 51–60.
Rizki, N.A., & Medika, A. D. (2023). Geometri Analitis: Koordinat Kartesius dan Kutub Pada Bidang Euclid. Yogyakarta: Deepublish.
Rosnawati, R. (2012). Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1–9.
Rusdiana, Sutawidjaja, A., Irawan, E. B., & Sudirman. (2018). Students Strategies In Solving Problem Of Patterns Generalization. International Journal of Scientific & Technology Research, 7, 132–135.
Safrudiannur, Labulan, P. M., Suriaty, Ngilawajan, D. A., Cahyono, A. N., Putra, Z. H., Pagiling, S. L., & Rott, B. (2023). Pre-service mathematics teachers’ beliefs: a quantitative study to investigate the complex relationships in their beliefs. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1–7.
Samsuddin, A. F., & Retnawati, H. (2022). Self-efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 17–26.
Sari, P. K., & Sugeng, S. (2019). Pengaruh Interaksi Sosial Dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Samarinda. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 73–82.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Ke-3. Bandung: Alfabeta
Untu, Z., Purwanto, & Parta, I. N. (2020). Kesalahan guru dalam pembelajaran matematika materi bangun datar ditinjau dari Pengetahuan deklaratif. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 3(1), 17–30.
Wahyuni, A. P., Abbas, A. B., & Kukuh, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 115–122.
Zulaeha, S., Lestari, D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 82–90.
Published
2023-07-30
How to Cite
Tulus, D. P. P. B., Untu, Z., & Sugeng, S. (2023). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 167-176. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2481