Penerapan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Medan
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v14i2.5372Keywords:
Kemampuan pemahaman konsep matematis, Pendekatan Matematika Realistik, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Medan dengan penerapan pendekatan matematika realistik dan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui pendekatan matematika realistik mencapai minimal tuntas secara klasikal (≥ 85%). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 di SMP Negeri 43 Medan Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 43 Medan mengalami peningkatan dan mencapai minimal tuntas secara klasikal (≥85%) setelah diterapkannya pendekatan matematika realistik. Rata-rata tes awal adalah 43,20 (kategori kurang). Pada siklus I melalui penerapan pendekatan matematika realistik, rata-rata kelas naik menjadi 68,40 (kategori cukup). Kemudian setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, meningkat menjadi 84,33 (kategori baik). Saat tes awal ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya 14,81%, setelah pemberian tindakan meningkat menjadi 54,16%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 92% yang artinya sudah mencapai minimal tuntas secara klasikal.
Downloads
References
Algani, Y. M. A. (2022). Role, Need and Benefits of Mathematics in the Development of Society. Journal for the Mathematics Education and Teaching Practices, 3(1), 23–29. https://dergipark.org.tr/en/pub/jmetp/issue/70512/1129875
Arrafi, I. S., & Rifandi, R. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 12(1), 122–128. https://doi.org/10.24036/pmat.v12i1.14357
de Lange, J. (1995). Rating: No change without problems. In T. Romberg (ed.) Reform in school mathematics and authentic assessment. State University of New York Press.
Fakhrurrozi, F., & Gultom, S. (2023). Pengaruh Peningkatan Kemampuan Representasi Matematika Dengan Menerapkan Pendekatan Matematika Realistik Di SMP Swasta Islam Terpadu Alhijrah Deli Serdang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 438–443.
Firdaus, I. A., Zawawi, I., & Suryanti, S. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematis Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 983–994. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.10837
Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Technipress, Culemborg.
Gurmu, F., Tuge, C., & Hunde, A. B. (2024). Effects of GeoGebra-assisted instructional methods on students’ conceptual understanding of geometry. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2379745
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Lebesgue:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15
Hadi, S. (2022). Pendidikan Matematika Realistik (1st ed.). Rajagrafindo Persada.
Hadi, S. (2025). Didactic Assessment in Realistic Mathematics Education. Journal of English Language and Education, 10(3), 898–904.
Halawa, F., Telaumbanua, Y. N., Harefa, A. O., & Mendrofa, R. N. (2025). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.51574/kognitif.v5i1.2625
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.552
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.
OECD. (2023). PISA 2022. In Perfiles Educativos: Vol. I. https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714
Ramdan, L. F. (2024). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 10–23. https://doi.org/10.54125/elbanar.v7i1.188
Rasmi, W., Moma, L., & Molle, J. S. (2022). Pemahaman Konsep Aritmetika Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i1.p15-20
Ridha, F., Suharti, S., Halimah, A., & Nur, F. (2023). Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 205. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.8378
Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 111–128.
Samosir, I., & Hasratuddin. (2022). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbul. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1, 1356–1364.
Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1919–1927. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Graha Ilmu.
Yonathan, A. B., & Seleky, J. S. (2023). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Mengoptimalkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa [Realistic Mathematics Education To Optimize Students’ Understanding of Mathematical Concepts]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 7(2), 143. https://doi.org/10.19166/johme.v7i2.6233
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erinna Naibaho, Hasratuddin Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.









