Penerapan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Medan

Authors

  • Erinna Naibaho Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Medan, Medan, Indonesia
  • Hasratuddin Siregar Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Medan, Medan, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-3212-2788

DOI:

https://doi.org/10.30872/primatika.v14i2.5372

Keywords:

Kemampuan pemahaman konsep matematis, Pendekatan Matematika Realistik, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Medan dengan penerapan pendekatan matematika realistik dan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui pendekatan matematika realistik mencapai minimal tuntas secara klasikal (≥ 85%). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 di SMP Negeri 43 Medan Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 43 Medan mengalami peningkatan dan mencapai minimal tuntas secara klasikal (≥85%) setelah diterapkannya pendekatan matematika realistik. Rata-rata tes awal  adalah 43,20 (kategori kurang). Pada siklus I melalui penerapan pendekatan matematika realistik, rata-rata kelas naik menjadi 68,40 (kategori cukup). Kemudian setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, meningkat menjadi 84,33 (kategori baik). Saat tes awal ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya 14,81%, setelah pemberian tindakan meningkat menjadi 54,16%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 92% yang artinya sudah mencapai minimal tuntas secara klasikal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Algani, Y. M. A. (2022). Role, Need and Benefits of Mathematics in the Development of Society. Journal for the Mathematics Education and Teaching Practices, 3(1), 23–29. https://dergipark.org.tr/en/pub/jmetp/issue/70512/1129875

Arrafi, I. S., & Rifandi, R. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 12(1), 122–128. https://doi.org/10.24036/pmat.v12i1.14357

de Lange, J. (1995). Rating: No change without problems. In T. Romberg (ed.) Reform in school mathematics and authentic assessment. State University of New York Press.

Fakhrurrozi, F., & Gultom, S. (2023). Pengaruh Peningkatan Kemampuan Representasi Matematika Dengan Menerapkan Pendekatan Matematika Realistik Di SMP Swasta Islam Terpadu Alhijrah Deli Serdang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 438–443.

Firdaus, I. A., Zawawi, I., & Suryanti, S. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematis Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 983–994. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.10837

Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Technipress, Culemborg.

Gurmu, F., Tuge, C., & Hunde, A. B. (2024). Effects of GeoGebra-assisted instructional methods on students’ conceptual understanding of geometry. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2379745

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Lebesgue:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15

Hadi, S. (2022). Pendidikan Matematika Realistik (1st ed.). Rajagrafindo Persada.

Hadi, S. (2025). Didactic Assessment in Realistic Mathematics Education. Journal of English Language and Education, 10(3), 898–904.

Halawa, F., Telaumbanua, Y. N., Harefa, A. O., & Mendrofa, R. N. (2025). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.51574/kognitif.v5i1.2625

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.552

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.

OECD. (2023). PISA 2022. In Perfiles Educativos: Vol. I. https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714

Ramdan, L. F. (2024). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 10–23. https://doi.org/10.54125/elbanar.v7i1.188

Rasmi, W., Moma, L., & Molle, J. S. (2022). Pemahaman Konsep Aritmetika Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i1.p15-20

Ridha, F., Suharti, S., Halimah, A., & Nur, F. (2023). Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 205. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.8378

Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 111–128.

Samosir, I., & Hasratuddin. (2022). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbul. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1, 1356–1364.

Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1919–1927. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Graha Ilmu.

Yonathan, A. B., & Seleky, J. S. (2023). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Mengoptimalkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa [Realistic Mathematics Education To Optimize Students’ Understanding of Mathematical Concepts]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 7(2), 143. https://doi.org/10.19166/johme.v7i2.6233

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Naibaho, E., & Siregar, H. (2025). Penerapan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Medan. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 233–244. https://doi.org/10.30872/primatika.v14i2.5372

Issue

Section

Articles