Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 3 Binjai

  • Nina Febrina Ginting Pendidikan IPA, Universitas Negeri Medan
  • Puji Prastowo Biologi, Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Yusuf Kimia, Universitas Negeri Medan
Keywords: Miskonsepsi, Pencemaran Lingkungan, CRI (Certainty of Response Index)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase miskonsepsi siswa pada materi Pencemaran Lingkungan, indikator yang mengalami miskonsepsi dan faktor-faktor penyebab miskonsepsi di SMP Negeri 3 Binjai. Jenis penelitian  yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Binjai Tahun Pembelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 11 kelas, jumlah keseluruhan 324 siswa. Sampel pada penelitian dipilih secara random sampling dengan jumlah 92 siswa yang berasal dari 3 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essai dengan tingkat keyakinan CRI (Certainty Of Response Index) dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi dengan kategori rendah (18,15%). Berdasarkan indikator materi pencemaran lingkungan, miskonsepsi tertinggi terdapat di indikator mengidentifikasi jenis-jenis pencemaran lingkungan (26,63%) dan miskonsepsi terendah terdapat pada indikator mengetahui cara penanggulangan dan kerusakan lingkungan(3,26%). Faktor-faktor penyebab miskonsepsi yaitu faktor dari siswa (16,62%), faktor konteks dalam mengajar (20,30%), faktor metode belajar (20,78%), faktor guru (20,89%) dan faktor buku teks (21,38%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ariandini, D., Anggraeni, S., & Aryani, A. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP pada Konsep Fotosintesis Melalui Analisis Gambar. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2): 178-184.

Aseptianova., Nawawi, S. & Pesisa, L. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 4 Palembang. Bioilmi Jurnal Pendidikan, 5(1): 59-65.

Auwaliyah, R. (2017). Profil miskonsepsi siswa pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3): 304-310.

BSNP. (2006). Standar Isi Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Dewi, S.Z. & Ibrahim, H.T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(01): 130-136.

Dwi, I. V., Rahayu, Y. S., & Erman. (2013). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Fotosintesis. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, 1 (2), 21-29.

Farihah, U & Wildani, A. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Three Tier Essay Tes Item pada Materi Hukum Newton di SMA Negeri 1 Pademawu. Jurnal Pemikiran, Penelitian Pendidikan dan Sains, 6(1): 86-100.

Eka, F. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII, VIII & IX. Jakarta: Cmedia.

Hassan, S., Bagayoko, D. & Kelley, E.L. (1999). Misconception and The Certainty of Response Index (CRI). Physics Education, 34(5): 294-299.

Lianingsih, F & Nafi’ah, R. (2020). IPA SMP/MTs Kelas 7, 8, 9. Jakarta: PT Grasindo.

Izza, R.I., Nurhamidah. & Elvinawati. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Esai Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) pada Pokok Bahasan Asam dan Basa. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(1): 55-63.

Muchyar, L.D., Widodo, A. & Riandi. (2015). Profil Perubahan Konseptual Siswa pada Materi Kependudukan dan Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1): 65-75.

Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi pada Peserta Didik. Journal of Special Education, 4(2): 66-76.

Mustaqim, T.A., Zulfiani. & Herlanti,Y. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (CRI) pada Konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. EDUSAINS, 6(2): 147-152.

Riduwan (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sabli, D. (2009). Analisis Miskonsepsi Siswa Madrasah Aliyah (MA) Kelas x Pada SubKonsep Pencemaran Lingkungan, Skripsi FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia.

Saktiyono. (2004). IPA BIOLOGI SMP dan MTs untuk kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Saputri, L. A., Muldayanti, N. D. & Setiadi, A. E. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa Dengan Certainty Response of Index (CRI) pada Submateri Sistem Saraf Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Selimbau. Jurnal Bio Education, 3(9): 52-62.

Subrata, Y., Kurniawan, A. D., & Qurbaniah, M. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Kelas VII SMP Negeri 14 Pontianak. Jurnal Pendidikan, 8(2): 125-142.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo.

Yulianti, Y. (2017). Miskonsepsi Siswa pada Pembelajaran IPA Serta Remediasinya. Jurnal Bio Education, 2(2): 50-58.

Published
2022-11-30
How to Cite
Ginting, N. F., Prastowo, P., & Yusuf, M. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 3 Binjai. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 145-153. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1432
Section
Articles