Peningkatan Keaktifan dan Kerja Sama Melalui Pendekatan 4C dan Problem Posing dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS 2 SMAN 8 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.30872/yupa.v2i2.133Keywords:
keaktifan, kerjasama, problem posing, pendekatan 4CAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan kerja sama siswa kelas X IPS 2 SMA N 8 Surakarta dengan pendekatan 4C dan model pembelajaran Problem Posing. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data pada penelitian ini adalah 30 siswa, guru, dan kelas X IPS 2 SMA N 8 Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan 4C dan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan keaktifan dan kerja sama siswa kelas X IPS 2 SMA N 8 Surakarta. Peningkatan keaktifan siswa dibuktikan dengan meningkatnya persentase keaktifan dan kerja sama siswa dari tahap pra-siklus sampai dengan siklus II. Peningkatan tersebut telah melampaui target yang ditentukan yaitu sebesar 75%. Simpulan dari penelitian ini yaitu pendekatan 4C dan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan keaktifan dan kerja sama pada siswa kelas X IPS 2 SMA N 8 Surakarta
Downloads
References
A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Asmani, Ma’mur. (2011). Tips Pintar PTK : Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Laksana.
Asriningsih, Tafsillatul Mufida. 2014. Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jombang : Gamatika. Vol. V, No. 1, Nopember 2014. Diakses pada tanggal 7 Januari 2018 dari http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/gamatika/article/view/430
Basuki, Ismet & Hariyanto. (2014). Asesman Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Faqih, Muhammad Abdul. 2014. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 8 Semarang tahun 2013-2014. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Diakses pada tanggal 17 Mei 2018 dari https://lib.unnes.ac.id/20176/1/3101410013.pdf
Hamid, Rahman. (2014). Penelitian Sejarah. Yogyakarta : Ombak.
Huda, Miftahul. (2012). Cooperative Learning : Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR.
Husamah & Yanur Setyaningrum. (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Kompetensi-Panduan dalam Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
Institut Aminuddin Baki, Kementerian Pendidikan Malaysia. (2017). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Abad ke-21. Diakses pada 20 Desember 2017, dari http://online.anyflip.com/anme/Icez/mobile/index.html#p=1.
Isjoni. (2012). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Siswa. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Jabar, Abdul. 2015. Penerapan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Banjarmasin : Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 2, Mei - Agustus 2015 ISSN 2442-3041. Diakses pada tanggal 31 Mei 2018 dari https://scholar.google.co.id/
Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakaarta : PT Indeks.
Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : PT Grasindo.
Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi PEnelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Pambudi, Yunia Dwi & Suwarsito, Esti Sarjanti. 2015. Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Geografi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing pada Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Purwokerto : Geoedukasi. Vol. IV, No. 1, Maret 2015. Diakses pada tanggal 20 Desember 2017 dari
http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/GeoEdukasi/article/view/540
Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu - Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Saria, Novita & Edy Surya. 2017. Analysis Effectiveness of Using Problem Posing Model in Mathematical Learning. Indonesia : International Journal of Sciences : Basic and Applied Research (IJSBAR). Volume 33, No 3, pp 13-21 ISSN 2307-4531. Diakses pada tanggal 17 Mei 2018 dari https://www.researchgate.net/publication/
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.
Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sudjana, Nana. (2006). Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Susanto, Heri. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah, Isu, Gagasan, dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Presindo.
Suyono. (2016). Belajar dan Pembelajaran : Teori dan Konsep Dasar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Warsono dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wiyani, Novan Ardy. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan : Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Yani, Ahmad. (2014). Mindset Kurikulum 2013. Bandung : Alfabeta.
Yamin, Martinis. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press Jakarta.