Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X

Authors

  • Inas Atika Zudib Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Berahman Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Auliaul Fitrah Samsuddin Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

Keywords:

Kemampuan, Penalaran, Trigonometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan matematika pada materi trigonometri siswa kelas X di SMA Negeri 15 Samarinda. Pelaksanaan penelitian pada bulan Mei 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 15 Samarinda yang berjumlah 25 siswa dan objek penelitian adalah kemampuan penalaran matematika. Adapun instrument penelitian terdiri dari instrumen utama yaitu peneliti itu sendiri dan instrumen pendukung berupa tes tertulis dalam bentuk uraian, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari mentranskip data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hanya mampu mencapai indikator mengajukan dugaan dan memanipulasi matematika, untuk indikator yang lain tidak memenuhi dengan benar dan tepat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematika pada materi trigonometri siswa kelas X SMA Negeri 15 Samarinda dikategorikan rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aras, S., Rusdiana, R., & Rizki, N. A. (2024). Kemampuan kognitif Siswa kelas homogen saat mengerjakan soal TIMSS materi bilangan. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 55-62. https://doi.org/10.30872/primatika.v13i1.3732
Bahri, S., Santosa, F. H., Kurniawati, K. R. A., & Negara, H. R. P. (2022). Kemampuan penalaran matematis mahasiswa berdasarkan variasi gender dan self-efficacy matematis. Journal of Didactic Mathematics, 2(3), 134–141. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i3.1047
Fajrin, A. (2021). Profil Kemampuan Menyelesaikan Masalah Geometri Ruang Ditinjau dari Kemampuan Visual-Spasial Siswa Kelas XII IPA di MAN 2 Nganjuk [Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah TulungAgung]. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22820
Hardani, Auliya, N. H, Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu Group.
Kurniawan. (2019). Penalaran Spasial Siswa Pada Tahapan Operasional Formal Menurut Piaget Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 21-26. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.137
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2016). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
Masruroh, F. (2021). Analysis of Reasoning Mathematics Education Students Reviewed from the Gender. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(2). 8-15. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i2.84
Noormandiri, B. K. (2021). Matematika: Untuk SMA/MA Kelas X. Erlangga.
Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP pada Materi Aritmatika Sosial. MAJU, 8(1). 377-385.
Purwaningtyas, K. (2019). Penalaran siswa SMP terhadap soal geometri tipe HOTS ditinjau dari kemampuan matematika. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 95–102. http://194.59.165.171/index.php/APM/article/view/260
Rahmawati, N. K. (2017). Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 121. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1585
Salmina, M. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy, 5(1), 41-48.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuatintatif, kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v4i1.323
Suprihatin, T. R., Maya, R., & Sanjaya, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. JKPM (Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika), 2(1), 9-13. http://dx.doi.org/10.17977/um076v2i12018p9-13
Susanto, D., Kurniawan, T., Sihombing, S. K., Salim, E., Radjawane, M. M., Salmah, U., & Wardani, A. K. (2021). Matematika. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbudristek.
Utami, E. B. (2015). Pengaruh VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Tari Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Bandung. [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia].
Wahyuni, Z., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 81–92. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.920
Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414.

Downloads

Published

2024-08-17

How to Cite

Zudib, I. A., Berahman, B., & Samsuddin, A. F. (2024). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 4, 1–10. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4039