Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Pakaian Gigg store Jalan Muhammad Yamin Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/prospek.v6i2.4006Keywords:
Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Abstrak
Kualitas produk sangat penting bagi pembeli, pada prinsipnya konsumen menginginkan produk yang bisa dibeli dengan harga murah namun dengan kualitas yang baik, kualitas produk merupakan salah satu faktor yang menentukan dan menjadi pertimbangan sesorang dalam melakukan pembelian produk. Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya kualitas produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pembelian Di Toko Pakaian Gigg Store Jalan Muhammad Yamin Samarinda Populasi dalam penelitian ini adalah costemer toko pakain gigg store. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling yaitu dengan metode incidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Analisis dilakukan dengan bantuan program IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 26. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dapat dilihat hasil uji t untuk variabel keputusan pembelian terhadap keputusan pembelian menunjukkan nilai sig. 0,000 artinya nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitasnya 0,05. Dengan thitung = 3.873. maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan semakin tinggi kualitas produk maka semakin tinggi pula keputusan pembelian Kualitas produk yang baik didukung dengan harga yang maksimal tidak akan mengecewakan konsumen, sebaliknya apabila kualitas produk yang rendah dengan harga yang maksimal maka akan menyebabkan ketidakpuasan bagi konsumen gigg store.
Downloads
References
Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32-39.
Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).
Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 3(2), 215-221.
Eddy, M. F. A. Y. P., & Soegiarto, K. (2017). Perilaku Konsumen dalam Berbelanja Pakaian Wanita di Pasar Pagi Samarinda. JMA: JURNAL MANAJEMEN DAN AKUNTANSI, 5(3), 298-312.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Harlow : Pearson. Education Limited.
Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1267-1283.
Putri, A. L., & Ferdinand, A. T. (2016). Analisis Pengaruh citra toko dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian pada toko HA Laury di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 5(3), 852-864.
Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh promosi, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk scarlett whitening. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327-1342.
Sari, R. M., & Prihartono, P. (2021). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 1171-1184.
Suari, M. T. Y., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 26-33.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Yuningsih, R., Gani, I., & Muliati, M. (2018). Peranan Wanita Suku Duri dalam Menunjang Ekonomi Keluarga di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM), 3(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dahlia, Kadori Haidar, Indah Permatasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
