PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA GAMBAR DAN TANPA MEDIA GAMBAR PADA SISWA

  • Aisyah Rizky Amalia
  • Sudarman Sudarman
  • Kadori Haidar
Keywords: Model Cooperative Learning, Numbered Heads Together, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan  menggunakan model coopertative learning numbered heads together dengan media gambar dan tanpa media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Sangatta Utara dengan kelas  X IPS 3 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan analisis data nilai rata – rata untuk kelas eksperimen 1 mengalami peningkatan sebesar 12,12 (17,8%) sedangkan nilai rata – rata untuk kelas eksperimen 2 mengalami peningkatan sebesar 8,63 (13,8). Hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa menggunakan model coopertative learning numberhed together dengan media gambar dan tanpa media gambar di tinjau dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Supriyono. 2009. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi. Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Anwariningsih, S.H., & Ernawati S. 2014. Development of Interactive Media for ICT Learning of Elementary School Based on Student Self Learning. Journal of education and Learning (EduLearn). 7 (2). 121 – 128.
Devolti, L., Sri Wahyuni, dan Sumarni. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif NHT Dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. 1 (2). 126-130.
Lie, Anita. (2010). Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia
Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Sani, L. N., Rahayu, S., & Hikmawati, H. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Media Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas Xi Sman 1 Kopang. Jurnal Pijar Mipa. 13 (1). 13-18.
Sumarjito. (2011). Penggunaan Model Pembelajaran NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA SMA Islam 1 Prambanan Tahun Pelajaran 2009/2010. Jurnal. 1-2
Warsono, dan Haryanto. 2014. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Published
2020-07-30
How to Cite
Rizky Amalia, A., Sudarman, S., & Haidar, K. (2020). PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA GAMBAR DAN TANPA MEDIA GAMBAR PADA SISWA . Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.30872/prospek.v2i1.1301
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>