ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA

Authors

  • Aulia Annisa Putri Universitas Mulawarman
  • Ratna Fitri Astuti Universitas Mulawarman
  • Indah Permatasari Universitas Mulawarman

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru ekonomi kelas XI di SMA Negeri 5 Samarinda dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara serta analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan motivasi dilakukan pada 3 aspek yaitu media pembelajaran, model pembelajaran serta komunikasi yang baik. Media pembelajaran yang dipilih guru ekonomi SMA Negeri 5 Samarinda berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa dari segi fokus serta keaktifan siswa. Metode atau model pembelajaran yang digunakan adalah model Project Based Learning sesuai dengan kurikulum merdeka yang ada. Cara berkomunikasi guru yang digunakan yaitu tanpa metode ceramah serta tanpa menggunakan ice breaking, hal ini untuk menjaga kondusifitas kelas dikarenakan lingkungan belajar yang kondusif merupakan salah satu indikator motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, A. M., Setyadi, A. R., & Leonardho, R. (2020). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manazhim, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.668.
Dauyah, E., & Yulinar, Y. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswanon-Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Serambi Ilmu, 30(2), 196. https://doi.org/10.32672/si.v30i2.761.
Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285-291.
Fatihani, N., Iswandi, I., & Humaeroh, I. (2024). Penggunaan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Tematik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 8(2), 1055-1067.
Handayani, L. (2020). Peningkatan motivasi belajar IPA melalui model pembelajaran project based learning pada masa pandemi covid-19 bagi siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168-174.
Hartanti, D. (2019). Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan media pembelajaran interaktif game kahoot berbasis hypermedia.
Idzhar. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 572–582. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604.
Muyassaroh, L. U., Ventivani, A., Sakti, K. F. L., Aulia, D. S., Anugrah, G. W. D., Asmi, K. C. P., ... & Ni’amah, U. (2023). Strategi pembelajaran active knowledge sharing dengan media video edukasi untuk meningkatkan keefektifan belajar siswa di era adaptasi kebiasaan baru. SELASAR, 7(1), 199-213.
Nugroho, R. (2017). PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN DALAM LOMBA KOMPETENSI SISWA (LKS). E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 18(1).
Puspitasari, F., & Marzuki, I. (2023). Implementasi Penerapan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Iii Upt Sdn 52 Gresik. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5405-5411.
Rahmadani, N. D., & Suyatno, S. (2024). Inovasi Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 8(1), 825-836.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.
Triastuti, S., Junaidi, I. A., & Ayu, I. R. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di SDN 02 Trans Bangsa Negara. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14330-14339.
Wahyujati, B. B. (2021). Peningkatan kemampuan guru sekolah dasar melalui pelatihan pembuatan media video pembelajaran interaktif menggunakan ms power point. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 94-99.
Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26-32.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Aulia Annisa Putri, Astuti, R. F., & Permatasari, I. (2024). ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 6(2), 60–69. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/prospek/article/view/3786

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)