ANALISIS PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN E-COMMERCE DI KALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

  • Christo Sigar Universitas Mulawarman
  • Kadori Haidar Universitas Mulawarman
  • Ratna Fitri Astuti Universitas Mulawarman
Keywords: Preferensi, Kemudahan Penggunaan, E-Commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemudahan penggunaan e-commerce di kalangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jenis penelitian analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deksriptif, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 111 mahasiswa dan wawancara kepada 5 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman untuk mengetahui tanggapan yang di berikan mengenai kemudahan penggunaan e-commerce di kalangan mahasiswa. Berdasarkan hasil dari penyebaran kuisioner di dapatkan hasil bahwa pengguna Shopee di kalangan mahasiswa 2019 dan 2020 Pendidikan Ekonomi 91,89% menggunakan aplikasi Shopee sebagai aplikasi untuk berbelanja. Dan alasan mahasiswa menggunakan e-commerce adalah lebih mudah dan praktis sebesar 66,67% dan pilihan penggunaan e-commerce mahasiswa adalah aplikasi yang mudah digunakan sebesar 59,46%. Maka disimpulkan bahwa mahasiswa menemukan kemudahan dalam penggunaan aplikasi Shopee di bandingkan aplikasi belanja lainnya sehingga aplikasi Shopee sangat mendominasi penggunaannya di mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwafi Fachrizi, Magdani Rizal H, (2018). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Terhadap Toko Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.com, Journal Of Management. Vol, 5(2): 864-882.
Ayu Fitriyah (2020). “Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Informasi, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian online di Shopee.co.id” (studi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik angkatan tahun 2019).
Centerklik, (2019). “10 Toko Online Terbaik Dan Populer di Indonesia”, https://www.centerklik.com.
Damayanti, Astri, (2018). “Strategi Iklan Shopee (studi iklan shopee dimedia sosial)”, Jurnal Komunikasi. Vol, 4(1): 73-79.
Fathoni, Muhammad Anwar, (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital ShoopeePay Pada Aplikasi Shopee, Jurnal Pendidika Tata Niaga, Vol. 9, No. 3, 2021.
Ghufron, Moh. Idil dan Inas Fahmiyah (2019). Konsep Waralaba Perspektif ekonomi Islam, Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, Vol.3, no. 1, 2019.
Gloria Narida, Marshelia, (2021). “Perspesi Pengguna E-Commerce Terhadap Kualitas Informasi Pembelian Barang Dengan Metode Pembayaran Cash On Delivery (COD) Berdampak Pada Terjadinya Pengancaman Kepada Kurir Jasa Expedisi”, Kinesik, Vol. 8, No.2, (2021): 177.
Hardianti, Sri,(2019). Pengaruh Iklan dan Word Of Mouth Terhadap Minat Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2019)
Hasnadi, Nasir, Burhannudin (2021). Persepsi Kemudahan Penggunaan Aplikasi Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Users Di Kabupaten Bungo
Imam Majiid Barru Lathiif, (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian (studi pada pelanggan online shop Blibli.com di Kota Yogyakarta).
Kotler Philip, dan Gary Amstrong 2012. Principles Of
Marketing, Global Edition, 14 Edition, Pearson
Education
Purba Roy & Raja Posma, (2022). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Konsumen Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Shopee di Kota Medan)
Miranti Ayu, (2018). “Shopee Umumkan Blackpink Jadi Brand Ambasador Sambut Shopee”, (https://m.kapanlagi.com).
Mohammad Nopran Dwi Putra (2018). “Pengaruh Kepercayaan, Kualitas informasi, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian” (studi kasus pelanggan online shop Shopee di Kota Yogyakarta)
Nurrahmanto A.P, Rahardja, (2019). “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kenikmatan Berbelanja, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen Disitus Jual Beli Online Bukalapak.com”, Journal Of Management. Vol, 4 (2): 135-143.
Nursani, Rois Arifin, & M. Hufron, (2019). “Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen E-commerce melalui Shopee” (studi pada mahasiswa Unisma).
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alphabet.
Suryoko. (2019). Pengaruh E-Service Quality dan Promosi Terhadap Keputusan Pengunaan Produk Gopay (Studi Pada Pengguna Aplikasi Gojek di Semarang), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 9, No.1, 2020.
Wardoyo dan Andini. (2017). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian secara Online. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Volume. 19, Nomor. 1.
Amaliati, A., Ellyawati, N., & Rahayu, V. P. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Daring Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.906
Astuti, R. F., Rahayu, V. P., Mustangin, M., Dewi, R. R. C., & Rahmaniah, R. (2022). Analisis perilaku konsumsi melalui gaya hidup pada usia remaja. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 6(2), 232–241. https://doi.org/10.22219/satwika.v6i2.22313
Astuti, R. F., Ulfah, M., & Ellyawati, N. (2022). Pengaruh Modernitas dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(2), 237–245. https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i2.52042
Aziz, uhammad, Amir, H., Haidar, K., & Rahayu, Puri, V. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Penelitian Ilmu Manajemen, 4(2), 2614–3747. https://bmspeed7.com
Mulyadi, D. R., Mulawarman, U., Subagio, N., Mulawarman, U., Riyadi, R., & Mulawarman, U. (2022). Kemampuan Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. 25–32.
Nursandi, Y., Haidar, K., & Ellyawati, N. (2022). PENGARUH BRAND TRAVEL KANGAROO TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA JASA TRANSPORTASI (Studi Kasus Pengguna Transportasi Kangaroo Tujuan Samarinda-Balikpapan). Educational Studies: Conference Series, 2(1), 179–185. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1211
Oktaviani, D., Haidar, K., & Ellyawati, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Green Produk Cosmetic Sariayu Martha Tilaar pada Mahasiswi Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman Samarinda. Prosiding Prodi Pendidikan Ekonomi.
Pratiwi, D., Ellyawati, N., & Permatasari, I. (2022). Strategi Pemasaran Digital Pada Usaha Fanny’S Food Samarinda Tahun 2021. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 112–124. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1204
Pujiastuti, N., Reza, & Astuti, R. F. (2022). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JRPE), 107–117.
Veronica, D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Development, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.53978/jd.v5i1.45
Wahid, S. A., Mulawarman, U., Partha, M. N., Mulawarman, U., Ellyawati, N., & Mulawarman, U. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Terhadap Kepuasan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman Tahun 2019.
Wardani, T., Reza, & Astuti, R. F. (2022). Perilaku Pengelolaan Keuangan Berbasis Green Economy. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 138–144.
Published
2022-12-31
How to Cite
Sigar, C., Haidar, K., & Astuti, R. F. (2022). ANALISIS PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN E-COMMERCE DI KALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(2), 53-61. https://doi.org/10.30872/prospek.v4i2.2233
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>