PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR

  • Frisca Agustianti Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman
  • Kadori Haidar Universitas Mulawarman
Keywords: Team Assisted Individualization, Keaktifan, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua tahapan siklus. Penelitian ini dilakukan dI SMA Negeri 1 Nyuatan. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan jumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan keaktifan siswa mengalami peningkatan 63,45% pada siklus I menjadi 79,64% pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 58,82% dengan rata-rata kelas 68,23. kemudian penelitian dilanjutkan kesiklus II dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 82,35% dengan rata-rata 78,82. Berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooeratif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nyuatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Herlikano, M. A., & Sujadi, A. A. 2018. Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match Siswa Kelas VII A SMP N 2 Temon Kabupaten Kulon Progo. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 123.
Megawati, Y. D., & Sari, A. R. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 162–180.
Samosir, P, and Sibuea, A. 2014. The influence of cooperative learning models and students’ personality types on integrated social studies learning outcomes. Journal of Educational Technology, 7(1), 1–15.
Siswanto, Y. 2013. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas Xl Ak 1 SMK Abdi Negara Muntilan Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(3), 72–79.
Turgut, S., & Turgut, İ. G. 2018. The Effects of Cooperative Learning on Mathematics Achievement in Turkey: A Meta-Analysis Study. International Journal of Instruction, 11(3), 663–680.
Zakaria, E., Solfitri, T., Daud, Y., & Abidin, Z. Z. 2013. Effect of Cooperative Learning on Secondary School Students’ Mathematics Achievement. Creative Education, 04(02), 98–100.
Published
2019-12-30
How to Cite
Agustianti, F., Sudarman, S., & Haidar, K. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR . Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 1(2), 11-18. https://doi.org/10.30872/prospek.v1i2.1314
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>