ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN GURU DALAM MENGAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 SANGKULIRANG
DOI:
https://doi.org/10.30872/prospek.v6i1.3724Keywords:
Kata Kunci: Pembelajaran Ekonomi, Kesulitan Guru, Dan Upaya GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Sangkulirang, untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan guru dalam mengajar mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Sangkulirang, serta untuk mengetahui bagaimana solusi/upaya terhadap kesulitan guru dalam mengajar mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Sangkulirang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan informan tambahan sebanyak 5 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: proses pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Sangkulirang berjalan normal, guru melaksanakan pembelajaran di kelas sesuai dengan tuntunan kurikulum. Selain itu, faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan guru dalam mengajar mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Sangkulirang yaitu ketersediaan sarana dan prasarana yang masih sangat kurang memadai, metode pembelajaran yang digunakan serta penggunaan alokasi waktu. Untuk mengatasi permasalaha tersebut, guru melakukan berbagai upaya seperti memanfaatkan lingkungan sekolah/lingkungan sekitar, membuat media pembelajaran sederhana, guru membuat diktat pelajaran ekonomi untuk siswa, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, serta mengupayakan semaksimal mungkin alokasi waktu yang tersedia.
Kata Kunci: Pembelajaran Ekonomi, Kesulitan Guru, Dan Upaya Guru
Downloads
References
Alfandry, Z., Medriati, R., & Rohadi, N. (2021). Deskripsi Hambatan Dan Kesulitan Guru Fisika Sma Se-Kabupaten Rejang Lebong Dalam Menerapkan Kurikulum 2013. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.1-8.
Aninda Putri. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di Smk Pelayaran Pancasila Kartasura Tahun Ajaran 2022/2023. Journal Of Engineering Research.
Anna Silvia Muslimah. (2015). Analisis Kesulitan Guru Sma Dalam Pembelajaran Ekonomi Berdasarkan Kurikulum 2013 Mgmp Di Kabupaten Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.
Djam’an, S & Komariah, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, B. S. (2014). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaktif Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik Oemar. (2014). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanik, A. N. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pengolahan Makanan Kontinental Siswa Kelas Xi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Wonosari. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hasan, H. (2015). Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Matematika Di Sd Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 40–51.
Hernawati Eneng. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 118–131. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60
Inka Oktaviana. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Ppkn Secara Daring Sekolah Menengah Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2), 6.
Kadariah, K., Kusmaladewi, K., & Hasmiah, H. (2020). Faktor Kesulitan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Ditinjau Dari Pengunaan Kurikulum, Struktur Materi, Sarana Dan Prasarana, Dan Alokasi Waktu. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan,3(2),15.Https://doi.org/10.26858/ jekpend .v3i2.14410
Kunandar. (2015). Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013 (p. 98). Jakarta: Rajawali Press.
Lufri. (2015). Mengungkap Permasalahan Guru Profesional Di Sumatera Barat Berdasarkan Tinjauan Beban Mengajar 24 Jam. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 1, 59–66.
Mahyudi Surya. (2016). Vol. 1 No. 1 Juni 2012 9 dikfis pascasarjana unimed. Peranan Gaya Mengajar Guru Fisika Terhadap Minat Belajar Fisika Siswa Kelas IX MTS Istiqlal DelituA, 1(1), 9–14.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mukminanto, S. (2019). Kesulitan Guru Dalam Mengajar Mata Pelajaran Biologi Di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Jambi.http://repository.uinjambi.ac.id /id/eprint/2096
Noerma Elya Putri. (2013). Faktor-Faktor Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Ekonomi. Faktor-Faktor Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Ekonomi.
Nurris Septa Pratama, E. I. (2015). Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking (HOTS) Pada Kelas X Di SMA Negeri Kota Yogyakartae. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF, 104–122.
Rahayu, S., & Hastuti, T. (2020). Analisis Kesulitan Guru SMA Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Ekonomi Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kabupaten Pelalawan. Peka, 8(2). https://doi.org/10.25299/peka. 2020.vol8(2).7492.
Ramayulis. (2019). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Kalam Mulia.
Ridho, M. Y. (2016). Efektivitas Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MTsN 3 Mandailing Natal Kecamatan Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 01(1), 1–23.
Saputra, Muhammad Dani. (2022) Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengajar Mata Pelajaran Fisika Di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Konawe Selatan Skripsi Sarjana, IAIN Kendari.Https://Digilib.Iainkendari.Ac.Id/Id/ Eprint /3991
Sudarman, & Sugeng. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Samarinda: Mulawarman University PRESS.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hanafiah Hana, Reza Reza, Indah Permatasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
