PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XSMA NEGERI 1 MUARA BENGKAL

  • Ita Novita Sari Universitas Mulawarman
  • Kadori Haidar Universitas Mulawarman
  • Noor Ellyawati Universitas Mulawarman
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, tipe Make A Match, Hasil Belajar

Abstract

Penggunaan model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar akan mempengaruhi minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas Xc IPS SMA Negeri 1 Muara Bengkal dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat komponen kegiatan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match yang sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran. (2) Meningkatkan nilai rata-rata kelas pada test awal sebesar 56,56 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 6,25%. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 71,25 dengan tingkat ketuntasan belajar 31,25%. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 79,37 dengan tingkat ketuntasan belajar 75%. Dan pada siklus III nilai rata-rata sebesar 91,56 dengan tingkat ketuntasan belajar 87,5%. (3) Hasil tersebut telah memenuhi ketercapaian indikator keberhasilan tindakan yaitu 75% siswa dalam satu kelas. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Prawitasari, M. (2020). Metode Pembelajaran Hypnoteaching Melalui Mind Mapping Dalam Pembelajaran Sejarah. In Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UNLAM BANJARMASIN (Vol. 1, Issue 2, pp. 274–282).
Siregar, Eli Santana,. Sentosa, U. S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Tantom Angkola. Jurnal Kajiaan Pendidikan Ekonomi, 2(2), 1–13.
Muntoha, H. D. Y. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma N 14 Semarang. Eeaj, 2(2), 39–45. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/prospek
Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi
Volume 5 No 1 Juli 2023
E-ISSN 2721-0855
34
Huda, M. (2013). Model Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Arikunto. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.
Rusman. (2014). Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT. Rajagrafindo Persada.
Zakiah, I. R., Prasetyo, K. H., & Astutiningtyas, E. L. (2019). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. ABSIS: Mathematics Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.362
Agustianti, F., Sudarman, & Haidar, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asssted Individualization untuk Meningkatkan Kreatifan dan Hasil Belajar. Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi.
Apriliani, N., Reza, & Rahayu, V. P. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTS Muslim in Indonesia Center (MIC) Samarinda.
Fahriadi, Partha, M. N., & Rahayu, V. P. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 21 Samarinda.
Hong, K. D., Subagio, N., & Astuti, R. F. (2022). Penerapan Kegiatan Pembelajaran Daring dalam Pencapaian Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 29 Samarinda. Pendidikan Ekonomi.
Isnaniah, Sudarman, & Riyadi, R. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII SMP Negeri 11 Samarinda. Pendidikan Ekonomi.
Keraf, K. M., Reza, & Abu, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ilmu Sosial Dan Humaniora.
Noor, M. S., Sudarman, & Partha, M. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Yeams Achievment Divisions Terhadap Hasil Belajar EKonomi Siswa Kelas X SMA Islam Samarinda. Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonoi.
Novita, Sudarman, & Piar, C. S. (2019). Analisis Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Penelitian dengan Menggunakan Media Pembelajaran Powerpoint. Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi.
Pebrianto, A. P., Sudarman, & Piar, C. S. (2019). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Perpajakan pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016-2018. Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonoi.
Rachmad, S. M., Sudarman, & Riyadi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 17 Samarinda.
Rapida, W., Haidar, K., & Abu, I. (2022). Analisis Kesiapan Belajar Siswa Kelas IX pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 21 Samarinda. Ilmu Sosial Dan Humaniora.
Reza, R., Ellyawati, N., & Masyanah, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mind Mapping dengan Powerpoint di SMA Islam Terpadu Granada Samarinda. 11(1), 192–201. https://journals.ekb.eg/article_243701_6d52e3f13ad637c3028353d08aac9c57.pdf
Published
2023-07-14
How to Cite
Sari, I. N., Haidar, K., & Ellyawati, N. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XSMA NEGERI 1 MUARA BENGKAL. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 5(1), 21-34. https://doi.org/10.30872/prospek.v5i1.2416
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>