PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN BEBAN KERJA TERHADAP KELELAHAN KERJA DAN KINERJA PERAWAT RUMAH SAKIT ISLAM SAMARINDA

  • Indah Permatasari Universitas Mulawarman
Keywords: Karakteristik pekerjaan, beban kerja, kelelahan kerja, kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Karakteristik pekerjaan dan Beban Kerja terhadap Kelelahan Kerja dan Kinerja perawat di Rumah Sakit Islam Samarinda, dalam rangka menghadapi era global yang menuntut semua organisasi melakukan serangkaian strategi agar memiliki daya saing yang tinggi, tidak terkecuali rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode sensus untuk pengambilan data. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner, yaitu dengan memberikan seperangkat pertanyaan yang telah disusun untuk diajukan kepada responden. Responden dalam penelitian ini berjumlah 152 orang perawat..Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, Beban kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja. Beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kelelahan kerja. Kelelahan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja perawat Rumah Sakit Islam Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Prisky (2013) Pengaruh Karakteristik Biografis dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kinerja (Studi pada Pegawai Bagian Back Office PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Kantor Area Jember). Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya. Vol. 2 No. 2
Baumann A. (2007) Positive Environment: Quality Workplaces = Quality Patient Care, International Council of Nurse. (www./icn.ch/matters_ppe.htm) diakses 24 September 2015.
Djarwanto, dan Subagyo, Pangestu. (2000) . Statistik Induktif. (Edisi 4). Yogyakarta: BPFE.
Gillies, D.A. (2000). Manajemen keperawatan, suatu pendekatan sistem. (Dika Sukaman dan Widya Sukaman, penerjemah). Edisi kedua. Philadelphia : W.B. Saunders Company.
Hariyono, Widodo. (2009). Hubungan Antara Beban Kerja, Stres Kerja dan Tingkat Konflik dengan Kelelahan Kerja (Studi pada perawat Di Rumah Sakit Islam Yogyakarta Pdhi Kota Yogyakarta). Jurnal Kesmas . Fakultas Kesehatan, Universitas Ahmad Dahlan, Vol.03, No.3.
Kalendesang. Monique. P., Hendro Bidjuni, Reginus T. Malara. 2017. Hubungan Konflik Peran Ganda Perawat Wanita Sebagai Care Giver Dengan Stres Kerja di Ruangan Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Prof. DR. L.Ratumbuysang Provinsi Sulawesi Utara. e-Journal Keperawatan (e-Kp) Vol.5 Nomor 1.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/viewFile/14721/14289
Maslach C., Jackson, S.E & Leiter, P.M .(2001). Job Burnout . In S.T.Fiske, D. L. Schacter & C. Zahn-Waxer (Eds), Annual Review of Psychology, 53, 397-422.
Robbins, S.P dan Timothy A. Judge. 2015. Perilaku Organisasi, Edisi ke enam belas. Jakarta: Salemba Empat.
Silalahi, Ulber. (2009). Metode Penelitian Social. Bandung : PT. Alfabeta
Williams, Richard, R. 2002. Managing Employee Performance: Design and Implementation in Organizations. London: Thomson Learning.
Published
2022-07-29
How to Cite
Permatasari, I. (2022). PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN BEBAN KERJA TERHADAP KELELAHAN KERJA DAN KINERJA PERAWAT RUMAH SAKIT ISLAM SAMARINDA. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(1), 35-44. https://doi.org/10.30872/prospek.v4i1.1323
Section
Articles