Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMAN 13 Samarinda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi belajar Siswa yang berprestasi pada sekolah menegah keatas negeri 13 Samarinda metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dekriptif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dari faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yang paling dominan adalah faktor kelelahan saat siswa merasa kelelahan siswa tidak dapat belajar dengan baik maka siswa membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar kondisi tubuh bebas dari kelelahan dan faktor yang paling tidak dominan adalah faktor faktor jasmaniah sehat berarti keadaan bagian – bagian tubuh bebas dari penyakit jika tubuh tidak sehat akan tergangu dalam proses belajarnya. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dari faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yang paling dominan adalah faktor keluarga saat siswa mulai masuk sekolah siswa masih membuthkan keluarga dan susana rumah yang harmonis juga menyenangkan agar siswa dapat belajar dirumah dan faktor yang paling tidak dominan adalah faktor sekolah hubungan antara guru dan siswa tidak berjalan dengan baik saat disekolah maka tidak akan berjalan lancar pula.
Downloads
References
A Tabrani Rusyan. 2006.Siswa Teladan.Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.
Azwar, Saifuddin. 2012.Tes Prestasi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamarah,Syaiful Bahri 2006. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya :Usaha Nasional.
Hamalik,Oemar. 2008 Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: PT.Bumi Aksa
Koentjaraningrat. 2006 .Metode-Metode Penelitian Masyarakat Jakarta: Geramedia.
Sapriya. 2009 .Pendidikan IPS Konsep Dan Pelajara Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Singarimbun,Masri dan Sofyan Effendi. 2011 .Metode Penelitian Survai Jakarta:Pustaka LP3ES.
Sudijono,Anas. 2008 .Penggantar Evaluasi Pedidikan Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.