PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BENGKEL GENERASI KNALPOT

  • Haikum Amir Muhamad Aziz Universitas Mulawarman
  • Kadori Haidar Universitas Mulawarman
  • Vitria Puri Rahayu Universitas Mulawarman
  • Vitria Puri Rahayu Universitas Mulawarman
Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen bengkel generasi knalpot samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif kausal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dan menyebar angket (kuesioner) terhadap 65 responden. Uji hipotesis menggunakan metode analisis regresi linear sederhana yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat yaitu kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen bengkel generasi knalpot samarinda, hasil penelitian koefisien regresi secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 6,515 dan nilai ttabel 1,997 atau thitung > ttabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan dalam koefisien determinasi (R) diketahui nilai koefisien sebesar 0,403.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Ellyawati, N., & Rahayu, V. P. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Buku Gramedia Bigmall Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Vol. 1, No. 2. Samarinda: Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Mualwarman.

Apriyani, & Dwi Aliyyah Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol 51(2), 2.

Arianty, & Nel. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol 16(2), 71.

Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bakti, & Umar. (2020). Pengaruh Kualtias Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi. Vol 22(1), 144.

Basith, & A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan De'Pans Pancake and Waffle di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 11(1), 1.

Febrini, & Irma Yanti. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang di Warung Kopi Klotok Kaliurang Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol 10(1), 38.

Hadad, Muliaman D, & Istianana Maftuchah. (2015). Sustainable Financing Industri Jasa Keuangan Dalam Pembiayaan Berkelanjutan. Jakarta: PT Elex Medua Komputindo.

Halim, & Fitria. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Hasan, & Ali. (2013). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Imanuel, Brilliance Hymy, & Sherly Tanoto. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Hastaco Tour and Travel. Agora. Vol 7(1), 3.

Jannah, Miftahul, & Nurdiyanti. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pada Materi Sistem Peredaraan Darah Pada Manusia. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran. Vol 1(1), 79.

Kasmir, Lupiyoadi R, & Hamdani A. (2012). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Khusaini, Ahmad. 2016. Analisis Kualias Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Spa Club Arena Yogyakarta. Skripsi: Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta

Lupiyoadi R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Meriyani, D, Zulkifli, H, Faizal, & M. (2019). Analisis Determinan Persepsi Masyarakat Mengenai Kesehatan Lingkungan di Sentra Industri Jumputan Tuan Kentang Kertapati Palembang. Jurnal Kesehatan. Vol 10(2), 163-168.

Muhson, & A. (2015). Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lanjut. Yogyakarta: FE UNY.

Nefrida. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Ibrahim Abdullah Budi Mulia Cabang Pekanbaru. Jurnal Daya Saing. Vol 7(5), 2-5.

Panjaitan, Januar Efendi, & AI Lili. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen. Vol 11(2), 266.

Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal Of Community Service Learning, 112-121.

Rosalia, Kikky Jenitha, & Ni Ketut Purnawati. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RSU Surya Husadha di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol 8(5), 2446.

Sholehuddin, Sulton , & Fahrurrozi Rahman. (2020). Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Khai Khai Thai Tea Kota Malang). JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan). Vol 5(2), 96.

Siregar, & Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Solihin, D, & Wibawanto E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol 3(3), 30-36.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulisyawati, A, Made, N, & Seminari, N.K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. Doctoral Dissertation, Udayana University. Vol 4(8), 2319.

Sukmawati, Rina. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Garden Café Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta

Sunarti, & Dwi Aliyyah Apriyani. (2017). Pengaurh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol 51(2), 2.

Wulandari, Winda, & Erni Masdupi. (2014). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bus PO. Usaha Murni. Jurnal Riset Manajemen Bisnis dan Publik. Vol 2(2), 3.

Yusup, & Febrianawati. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol 7(1), 17-18.
Published
2022-07-29
How to Cite
Muhamad Aziz, H. A., Haidar, K., Rahayu, V. P., & Rahayu, V. P. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BENGKEL GENERASI KNALPOT. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(1), 11-23. https://doi.org/10.30872/prospek.v4i1.1321
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>