Main Article Content

Abstract

Kemampuan Peserta didik untuk menyampaikan ide atau konsep matematika dalam berbagai bentuk, seperti gambar, simbol, atau bahasa lisan, disebut kemampuan representasi matematis. Keterampilan ini sangat penting untuk membantu Peserta didik memahami matematika dan menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas VIII SMP pada materi relasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan Tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan representasi matematis tentang materi relasi. Studi ini melibatkan tiga Peserta didik dengan tingkat kemampuan matematis yang berbeda, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Teknis analisis datanya menghitung skor tiap soal dan mewancarai Peserta didik untuk mendalami pemahaman mereka tentang materi relasi. Hasilnya menunjukkan bahwa Peserta didik dengan tingkat kemampuan matematis tinggi dapat dengan sangat baik dalam representasi verbal dan simbolik. Peserta didik yang memiliki kemampuan matematis sedang sudah melakukan representasi verbal dengan baik, tetapi belum melakukan representasi gambar dan simbolik dengan baik dan Peserta didik yang memiliki kemampuan matematis yang rendah sudah dapat mengerjakan tugas, tetapi belum melakukan representasi verbal, gambar, dan simbolik dengan baik.

Keywords

Analisis kemampuan Representasi matematis Materi relasi

Article Details

How to Cite
Hajriyanto, M. H., Ratnaningsih, N., & Rahayu, D. V. (2024). Analisis kemampuan representasi matematis Peserta didik pada materi relasi. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 9-24. https://doi.org/10.30872/primatika.v13i1.2935

References

  1. Addawiyah, A. A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal himpunan dan kemandirian belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 111–120.
  2. Fitrisyah, M. A., Zulkardi, Z., & Susanti, E. (2023). Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik materi sistem persamaan linear pada soal konteks kuliner Palembang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(1), 179–188. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.14570
  3. Goldin, G. A. (2020). Mathematical representations. Dalam S. Lerman (Ed.), Encyclopedia of Mathematics Education (hlm. 566–572). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-15789-0_103
  4. Kusmaryono, I. & Dwijanto. (2016). Peranan representasi dan disposisi matematis siswa terhadap peningkatan mathematical power. JIPMat : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i1.1089
  5. Lisarani, V., & Qohar, A. (2021). Representasi matematis siswa SMP kelas 8 dan siswa SMA kelas 10 dalam mengerjakan soal cerita. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page1-7
  6. Marudi, J., Halini, & Suratman, D. (2019). Analisis kemampuan representasi matematis siswa pada materi relasi dan fungsi di SMP Kemala Bhayangkari. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(11), 1–8. https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i11.37097
  7. Muhayaroh, U., & Pertiwi, F. N. (2023). Komparasi model problem based learning berbantuan media audio visual dan benda nyata terhadap kemampuan representasi peserta didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(2), 157–168. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i2.1306
  8. Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99–110. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960
  9. Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
  10. Rohana, R., Sari, E. F. P., & Nurfeti, S. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis materi persamaan linear dua variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 679–691. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3365
  11. Samad, I., Ahmad, H., & Febryanti. (2020). Peningkatan kemampuan representasi matematis melalui media Lipa’ Sa’be Mandar. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1), 57–70. https://doi.org/10.35580/sainsmat91141912020
  12. Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483–492.
  13. Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51–69. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101
  14. Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa. Mosyarofa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234.
  15. Triono, A. (2017). Analisis kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36030
  16. Widakdo, W. A. (2017). Mathematical representation ability by using project based learning on the topic of statistics. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 012055. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012055
  17. Yulinawati, A., & Nuraeni, R. (2021). Kemampuan representasi matematis ditinjau dari self-confidence Siswa pada Materi Statistika di Desa Talagasari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 519–530. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1448
  18. Yusepa, B. (2017). Kemampuan abstraksi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(1), 54–60. https://doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.233