Implementasi Inkuiri Terbimbing pada Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.989Keywords:
Inkuiri terbimbing, Proses belajar, Hasil belajar siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap proses dan hasil belajar siswa. Desain pada penelitian ini adalah one group pretest-posttest desain. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-J sebanyak 31 siswa dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa metode observasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian ini meliputi instrumen keterlaksanaan pembelajaran, pengamatan sikap, tes hasil belajar, pengamatan keterampilan, dan angket respons. Analisis data menggunakan teknik analisis N-Gain, uji normalitas, dan uji-t berpasangan. Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran mendapat kategori sangat baik dan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Hasil uji normalitas mendapatkan hasil normal dan uji-t berpasangan mendapat perbedaan sehingga hasil belajar meningkat dengan kategori sedang. Hasil penelitian membuktikan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kalor dan perpindahannya mampu untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Banchi, H., & Bell, R. (2008). The Many Levels Of Inquiry. Science and Children, 46(2), 26-29.
Bangun, G. C. F. Y., Mustika, W., & Sarah, M. (2019). Pengembangan Modul Fisika Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Sosial Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 77-88.
Crawford, B. A. (2007). Learning To Teach Science As Inquiry In The Rough And Tumble Of Practice. Journal of Research in Science Teaching, 44(4), 613-642.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.
Gagne, R. M. (2013). Essentials of learning for instruction. Rineka Cipta.
Gaol, L., & Jimmy . (2014). A to Z human capital: Manajemen sumber daya manusia. Grasindo.
Giancoli, D. C. (2001). Fisika jilid I. Erlangga.
Gulo. (2002). Strategi belajar mengajar. Grasindo.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement Versus Traditional Methods: A Six-thousand-student Survey Of Mechanics Tests Data For An Introductory Physics Course. American Journal of Physics, 66(1), 64-74.
Harwanto, U. N. (2019). What Makes Introductory Physics Difficult?. Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 2(1), 28-36.
Indah, Y. A. S., & Utiyah, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Kelas X MIA 5 SMAN 3 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education , 3(3), 105-111.
Kuhlthau, Carol, C., Maniotes, Leslie, K., & Caspari, A, K. (2007). Guided inquiry learning in the 21st century. Libraries Unlimited.
Mahmudin. & Syahrir, M. (2016). Karakteristik Perpindahan Panas Pada Pipa Penukar Kalor Selongsong Aliran Searah Vertikal. Journal of Chemical Process Engineering, 1(2), 30-35.
Marsh, Colin. (1996). Handbook For Beginning Teachers. Australian Journal of Teacher Education, 22(2), 57-60.
Nurfarida., Bahtiar., & Nevi, E.(2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(2), 9-19.
Riduwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Alfabeta.
Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Raja Grafindo Persada.
Sasmita, P. R. (2017). Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Media KIT Fisika: Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 95-102.
Slavin, R. E. (2011). Psikologi pendidikan teori dan praktek. Indeks.
Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kuantitatif. Alfabeta
Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Kencana Prenada Media Group.
Yunus, R. G., Sanjaya., & Jatmiko. (2013). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Auditori. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 48-52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.