Pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X di SMAN 2 Babat Supat
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.970Keywords:
LKPD, Discovery Learning, Software Tracker, Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Babat Supat yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Peneliti ini menggunakan metode Reseach and Development (R&D) model ADDIE. Pengumpulan data pada peneliti ini menggunakan validasi, kepraktisan, dan efek potensial. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 2 Babat Supat. Berdasarkan analisis data dinyatakan valid, praktis, dan memiliki efek terhadap peserta didik adapun hasil 1) expert review diperoleh nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 96% yang dikategorikan sangat valid; 2) one to one memperoleh nilai rata-rata 92% yang dikategorikan sangat praktis; 3) small group memperoleh nilai rata-rata 96% dikategorikan sangat menarik; 4) field test memperoleh nila rata-rata pre test sebesar 24% dan post test 84% dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,74 dengan kategori sangat tinggi dan dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangakan peneliti dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.
Downloads
References
Arikunto. (2013). Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asril. Z. (2012). Micro Teacing Disertai Dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Beladina, Suyitno, & Kusni. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Core Berantuan LKPD Terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal Of Matematis Education (UJME), 2.
Chintia Tri Noprida, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill(HOTS). Indonesia Journal of Science and Mathematics Education, 168-176.
Denanda, B., Jeffry, H., & Mislan , S. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Discovery untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Seminar Nasional Pendidikan Fisika.
Drs. Prastiadi Utomo, M. P. (2012). Fisika Kelas X. jakarta: Erlangga.
Habbibullah, & Madlazim. (2014). Penerapan Metode Analisi Video Software Tracker Dalam Pembelajaran Fisika Konsep Gerak Jatuh Bebas untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Kelas X SMAN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 15-22.
Indra Fitriyanto, I. S. (2016). Penerapan Software Tracker Video Analizer Pada Praktikum Kinematika Gerak. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 92-97.
lisa, R., Misdalina, & Sugiarti. (2021). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Edmodo Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X IPA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 90-91.
Maya, A., Patricia, H. L., & Linda, L. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik SMA Berbantuan Software Tracker pada Materi GHS. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 320-326.
Meissy, R. N., Patricia, H. L., & Muhammad, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pedidikan Fisika, 97.
Putrayasa, I. M., Syaruddin, H., & Margunayasa, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan.
Sugiarti. (2017). Integritas Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Discovery Learning Untuk Melatih Sikap Ilmiah Siswa. Jurnall Dosen Universitas PGRI Palembang , 988.
Widiadnyana, I. S. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap pemahaman konsep IPA dan Sikap Ilmiah IPA . jurnal Program Pascasarjana Universitas Ganesa Program Studi IPA.
Yang, & Huang. (2015). development and validation of a scale for evaluating tecnology-rich classroom environment. j. comput.Educ.
Yulkilfi, Yohandri, Virmani, & Novita. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Teknologi Digital. prosiding konapsi UNJ.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.