Introduksi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Peserta Didik pada Sub-Materi Azas Bernoulli Memakai Four-Tier Diagnostic Tes

  • Jumilah Jumilah
  • Wasis Universitas Negeri Surabaya
  • Eko Puji Lestari Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Azas Bernoulli, Four-Tier Diagnostic Test, Miskonsepsi

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada 36 siswa di salah satu SMA di Kabupaten Kutai Kartanegara menggunakan metode penelitian one-shoot research yang bertujuan untuk mengintroduksi dan mengidentifikasi kelemahan konsep yang menjadi penyebab terjadinya miskonsepsi siswa pada sub-materi asas Bernoulli. Instrumen tes  yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen four-tier diagnostic test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan 53% miskonsepsi, dari data ini menandakan masih ada siswa yang mengalami miskonsepsi karena kurangnya pemahaman siswa dalam memahami konsep sub-materi asas Bernoulli  sehingga siswa hanya memahami  sebatas persamaan-persamaan rumus Bernoulli  saja tanpa dipahaminya dengan baik konsep dasar sub-materi tersebut. Guru dapat mengembangkan dan menggunakan four-tier diagnostic test untuk mengurangi miskonsepsi pada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfensianita, C., & Tandililing, E. (2016). Remediasi miskonsepsi siswa pada materi fluida dinamis menggunakan multimedia interaktif di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(11).

Alfiani, A. (2015). Analisis profil miskonsepsi dan konsistensi konsepsi siswa SMA pada topik suhu dan kalor. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, SNF2015-IV.

Alfiyah, S., Bakri, F., & Raihanati, R. (2016). Pengembangan Set Praktikum Fluida Dinamis untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas XI. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 47–56.

Amin, N., Wiendartun, W., & Samsudin, A. (2016). Analisis intrumen tes diagnostik dynamic-fluid conceptual change inventory (DFCCI) bentuk four-tier test pada beberapa SMA di Bandung Raya. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains (SNIPS), 570–574.

Aprita, D. F., Supriadi, B., & Prihandono, T. (2018). Identifikasi pemahaman konsep fluida dinamis menggunakan four tier test pada siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 315–321.

Balci, Ş., & Gölcü, A. A. (2020). Sosyal medyada kendini açma: Öz saygı, güven ve algılanan faydanın etkinliği üzerine bir inceleme. OPUS Uluslararası Toplum Araştırmaları Dergisi, 16(27), 116–149.

Fariyani, Q., & Rusilowati, A. (2015). Pengembangan four-tier diagnostic test untuk mengungkap miskonsepsi fisika siswa SMA kelas X. Journal of Innovative Science Education, 4(2).

Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi tesis dan desrtasi ilmu manajemen.

Jumini, S. (2018). Gaya aerodinamik dalam penerbangan perspektif QS An-Nahl: 79. Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum, 4(02), 143–152.

Lubis, M. M. (2012). Analisis aerodinamika airfoil naca 2412 pada sayap pesawat model tipe glider dengan menggunakan software berbasis computional fluid dinamic untuk memperoleh gaya angkat maksimum. E-Dinamis, 2(2).

Mursalin, M. (2014). Meminimalkan miskonsepsi pada materi rangkaian listrik dengan pembelajaran predict-observe-explain. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 20(1), 109180.

Nisa, C., & Agung, Y. A. (2014). Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT menggunakan Multisim10 simulations pada mata pelajaran teknik elektronika dasar di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2).

Nugraha, M. G., Kaniawati, I., Rusdiana, D., & Kirana, K. H. (2016). Combination of inquiry learning model and computer simulation to improve mastery concept and the correlation with critical thinking skills (CTS). AIP Conference Proceedings, 1708(1), 070008.

Saputri, D. F., & Nurussaniah, N. (2015). Penyebab miskonsepsi pada optika geometris. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, SNF2015-IV.

Setiawan, D. (2020). Pengembangan asesmen diagnostik miskonsepsi fluida berformat five-tier untuk mengungkap profil pemahaman konsep siswa. [Master thesis, Universitas Negeri Semarang]. UNNES Repository. http://lib.unnes.ac.id/35248/

Sholihat, F. N., Samsudin, A., & Nugraha, M. G. (2017). Identifikasi miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi siswa menggunakan four-tier diagnostic test pada sub-materi fluida dinamik: Azas kontinuitas. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 175–180.

Sugiyono, M. (2017). Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, S. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika melalui pendekatan CTL untuk meminimalisir miskonsepsi fluida dinamis. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 2(2), 224–230.

Syahrul, D. A. (2015). Identifikasi miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi siswa dengan three-tier diagnostic test pada materi dinamika rotasi. Inovasi Pendidikan Fisika, 4(3).

Yadaeni, A., & Kusairi, S. (2016). Studi kesulitan siswa dalam menguasai konsep fluida statis. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1.

Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi siswa pada pembelajaran IPA serta remediasinya. Bio Educatio, 2(2), 279470.

Zaleha, A. S., & Nugraha, M. G. (2017). Pengembangan instrumen tes diagnostik VCCI bentuk four-tier test pada konsep getaran. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 3(1), 36–42.

Zuhri, M. U. H. S. (2014). Penerapan model pembelajaran inkuiri (inquiry learning) menggunakan PhET simulation untuk menurunkan miskonsepsi siswa kelas xi pada materi fluida statis di SMAN Kesamben Jombang. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(3).

Published
2022-04-30
How to Cite
Jumilah, J., Wasis, & Lestari , E. P. (2022). Introduksi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Peserta Didik pada Sub-Materi Azas Bernoulli Memakai Four-Tier Diagnostic Tes. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(1), 20 - 27. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.730
Section
Articles

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'