Analisis Literatur Teknologi dalam Integrasi Pendidikan STEM pada Pembelajaran IPA

  • Andinisa Rahmaniar Pendidikan IPA, Universitas Garut
  • Abdul Latief Pendidikan IPA, Universitas Garut
Keywords: STEM, IPA, Teknologi, Kemampuan Abad 21

Abstract

Pada abad 21, peserta didik dituntut memiliki kemampuan abad 21, seperti berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan berkolaborasi. Kemampuan ini dapat dikembangkan dalam pembelajaran STEM yang diintegrasikan di pelajaran IPA. Dalam penerapannya, semua bidang kajian STEM dikombinasikan untuk menyelesaikan masalah pada kehidupan nyata, salah satunya yaitu penggunaan teknologi. Penulisan artikel ini bertujuan melakukan analisis secara kajian literatur mengenai analisis penggunaan teknologi dalam integrasi pendidikan STEM. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review yang menganalisis penelitian sebelumnya untuk mengetahui penggunaan teknologi dalam pembelajaran IPA yang terintegrasi Pendidikan STEM. Berdasarkan hasil analisis dari beberapa penelitian diperoleh hasil: 1) teknologi digunakan sebagai media pendukung pembelajaran STEM untuk mencapai kompetensi pelajaran IPA; 2) teknologi yang digunakan dapat meningkatkan kemampuan abad 21, seperti berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan kolaborasi; 3) teknologi dapat mengembangkan keterampilan saintifik yaitu mengumpulkan informasi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam integrasi STEM memiliki peran yang penting dalam pembelajaran IPA. Sehingga, teknologi bukan hanya sebagai media tetapi dapat dimanfaatkan sebagai salah satu kompetensi yang perlu dimiliki peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, G., Wibowo, W., Peningkatan, ), Ilmiah, K., Didik, P., Fisika, P., Penerapan, M., Stem Dan E-Learning, P., Negeri, S., & Mandara, B. (2018). Peningkatan Keterampilan Ilmiah Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Pendekatan STEM dan E-Learning. Journal of Education Action Research, 2(4), 315–321. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Asri, Y. N., Mursyidah, D. S., & Rizqi, V. (2021). Analysis of STEM Approaches through Distance Learning. EDUCATIO : Journal Of Education, 6(2),166-169.

Banks, Frank, Barlex, & David. (2014). Teaching STEM in the Secondary School. New York: Routledge

Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). Efektivitas virtual lab berbasis STEM dalam meningkatkan literasi sains siswa dengan perbedaan gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 190. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8570

Rahmaniar, A. (2020). Perceptions Of The Indonesia National Curriculum In Relation To Perceptions Of The Indonesia National Curriculum In Relation To Integrated Stem Education At The High School Level Integrated Stem Education At The High School Level. https://ir.library.illinoisstate.edu/etd/1341

Weng, W., Smk, S., Paul, S., & Osman, K. (2018). Pembelajaran Berasaskan Permainan dalam Pendidikan Stem dan Penguasaan Kemahiran Abad Ke-21. In Politeknik & Kolej Komuniti Journal of Social Sciences and Humanities (Vol. 3).

Published
2021-11-30
How to Cite
Rahmaniar, A., & Latief, A. (2021). Analisis Literatur Teknologi dalam Integrasi Pendidikan STEM pada Pembelajaran IPA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 143 - 148. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.680
Section
Articles