Penerapan Modul Getaran Gelombang dan Bunyi Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Wanda Aulia Pendidikan Fisika, Universitas Lambung Mangkurat
  • Mustika Wati Pendidikan Fisika, Universitas Lambung Mangkurat
  • Misbah Misbah Pendidikan Fisika, Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Modul Pembelajaran, Karakter, Getaran, Gelombang dan bunyi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: keterlaksanaan RPP, hasil belajar siswa dan pencapaian karakter kayuh baimbai. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, yang dilaksanakan di kelas VIII G di SMP Negeri 9  Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Data diperoleh melalui observasi, tes hasil belajar dan lembar penilaian karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterlaksanaan RPP meningkat. siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,53 menjadi 3,82, kategori siklus II yaitu sangat baik, kemudian hasil belajar siswa ketuntasan klasikalnya untuk siklus I hanya 34%, kemudian siklus II hasil belajar siswa ketuntasan secara klasikalnya meningkat menjadi 82,75%, dan terjadi peningkatan persentase pencapaian karakter kayuh baimbai dari siklus I sebesar 68,5% menjadi 89,5%. Diperoleh simpulan bahwa penerapan modul getaran gelombang dan bunyi bermuatan karakter di kelas VIII G Banjarmasin dikategorikan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2018) Pengembangan Modul Fisika Berbasis Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment And Satisfaction (ARIAS) Pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Berkala Ilmiah Pendidikn Fisika. 6(2), 247-263.

Anwar, N. 2015. Pengembangan Modul IPA. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.

Erinda, L., Indriwati, S. E., & Sulasmi, E. S. (2019). Pengembangan Modul Keanekaragaman Tumbuhan Home Science Process Skill Berbasis Inkuiri Terbimbing Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses di MAN 1 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 64-70.

Fitriani, M. D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Kediri untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Hasani, N. L., Hartini, S., & Annur, S. (2019). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Karakter Kayuh Baimbai melalui Modul Fisika Bermuatan Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 65-76.

Indasari, L. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Kerinci (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Noorhidayati, N., Hartini. S., & Suyidno. S. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbasis Karakter. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 22-30.

Noperi, H. (2014). Pengembangan Modul Ilustratif Pembelajaran IPA SMP Berbasis Inkuiri Terbimbing Bermuatan Pendidikan Karakter (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Membuat Minyak Lala Untuk Melatih Karakter Sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272-285.

Rizka, Melda., Wati, M., & Misbah M. (2017). Pengembangan Modul Fisika Materi Getaran, Gelombang & Bunyi Bermuatan Kebudayaan Madihin untuk Melatihkan Karakter Kayuh Baimbai. Skripsi Sarjana. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Ratumanan, T. W. & Laurens, T. 2003. Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.

Saputri, Y. E., Darvina, Y., Putra, A., & Sari, S. Y. (2019). Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Karakter Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Fluida Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas XI SMAN 7 Solok Selatan. Pillar Of Physics Education, 12(4).

Satria, H., & Handhika, J. (2015). Pembelajaran fisika menggunakan modul berbasis scientific approach bermuatan pendidikan karakter pada materi termodinamika. In Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Ke-4 2015. Sebelas Maret University.

Sitorus, D. S. (2020). Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan E-Module Akuntansi Terintegrasi Nilai Karakter. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(1).

Tama, O. N. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Nilai-Nilai Karakter Islami Pada Materi Gelombang Bunyi (doctoral dissertation, uin raden fatah palembang).

Wati, M., Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Hulu Sungai Selatan. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2).

Widoyoko, P. E. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran. Cirebon: Pustaka Pelajar.

Zuriah, N., Widodo, R., & Sunaryo, H. 2016. Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kearifan Lokal dan Civic Virtue Sebuah Rekayasa Sosial. Research Report, 164-177.

Published
2021-11-30
How to Cite
Aulia, W., Wati, M., & Misbah, M. (2021). Penerapan Modul Getaran Gelombang dan Bunyi Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 108 - 116. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.471
Section
Articles