Penerapan Modul Getaran Gelombang dan Bunyi Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.471Keywords:
Modul Pembelajaran, Karakter, Getaran, Gelombang dan bunyiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: keterlaksanaan RPP, hasil belajar siswa dan pencapaian karakter kayuh baimbai. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, yang dilaksanakan di kelas VIII G di SMP Negeri 9 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Data diperoleh melalui observasi, tes hasil belajar dan lembar penilaian karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterlaksanaan RPP meningkat. siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,53 menjadi 3,82, kategori siklus II yaitu sangat baik, kemudian hasil belajar siswa ketuntasan klasikalnya untuk siklus I hanya 34%, kemudian siklus II hasil belajar siswa ketuntasan secara klasikalnya meningkat menjadi 82,75%, dan terjadi peningkatan persentase pencapaian karakter kayuh baimbai dari siklus I sebesar 68,5% menjadi 89,5%. Diperoleh simpulan bahwa penerapan modul getaran gelombang dan bunyi bermuatan karakter di kelas VIII G Banjarmasin dikategorikan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Ali, M. (2018) Pengembangan Modul Fisika Berbasis Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment And Satisfaction (ARIAS) Pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Berkala Ilmiah Pendidikn Fisika. 6(2), 247-263.
Anwar, N. 2015. Pengembangan Modul IPA. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.
Erinda, L., Indriwati, S. E., & Sulasmi, E. S. (2019). Pengembangan Modul Keanekaragaman Tumbuhan Home Science Process Skill Berbasis Inkuiri Terbimbing Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses di MAN 1 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 64-70.
Fitriani, M. D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Kediri untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.
Hasani, N. L., Hartini, S., & Annur, S. (2019). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Karakter Kayuh Baimbai melalui Modul Fisika Bermuatan Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 65-76.
Indasari, L. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Kerinci (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Noorhidayati, N., Hartini. S., & Suyidno. S. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbasis Karakter. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 22-30.
Noperi, H. (2014). Pengembangan Modul Ilustratif Pembelajaran IPA SMP Berbasis Inkuiri Terbimbing Bermuatan Pendidikan Karakter (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Membuat Minyak Lala Untuk Melatih Karakter Sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272-285.
Rizka, Melda., Wati, M., & Misbah M. (2017). Pengembangan Modul Fisika Materi Getaran, Gelombang & Bunyi Bermuatan Kebudayaan Madihin untuk Melatihkan Karakter Kayuh Baimbai. Skripsi Sarjana. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.
Ratumanan, T. W. & Laurens, T. 2003. Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.
Saputri, Y. E., Darvina, Y., Putra, A., & Sari, S. Y. (2019). Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Karakter Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Fluida Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas XI SMAN 7 Solok Selatan. Pillar Of Physics Education, 12(4).
Satria, H., & Handhika, J. (2015). Pembelajaran fisika menggunakan modul berbasis scientific approach bermuatan pendidikan karakter pada materi termodinamika. In Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Ke-4 2015. Sebelas Maret University.
Sitorus, D. S. (2020). Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan E-Module Akuntansi Terintegrasi Nilai Karakter. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(1).
Tama, O. N. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Nilai-Nilai Karakter Islami Pada Materi Gelombang Bunyi (doctoral dissertation, uin raden fatah palembang).
Wati, M., Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Hulu Sungai Selatan. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2).
Widoyoko, P. E. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran. Cirebon: Pustaka Pelajar.
Zuriah, N., Widodo, R., & Sunaryo, H. 2016. Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kearifan Lokal dan Civic Virtue Sebuah Rekayasa Sosial. Research Report, 164-177.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.