Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Budaya Melayu untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA

Authors

  • Shofia Ummi Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Derlina Derlina Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Sri Aningsih Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Howard Situmorang Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Solikin Solikin Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i1.4706

Keywords:

budaya Melayu, keterampilan pemecahan masalah, problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning berbasis budaya Melayu dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah fisika siswa SMA. Budaya Melayu dipilih sebagai pendekatan kontekstual dalam pembelajaran karena nilai-nilai lokal yang terkandung di dalamnya, seperti permainan tradisional, perayaan budaya serta kebiasaan dalam bermusyawarah yang diharapkan dapat memberikan gambaran konkrit dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran problem based learning berbasis budaya Melayu dan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal pre test dan post test pada setiap pertemuan dan tes keterampilan pemecahan masalah yang terdiri dari 6 butir soal essai. Teknik analisis data menggunakan analisis N-gain dan uji t. Hasil analisis N-gain menunjukkan nilai 0,48 pada pertemuan ketiga pada kelas ekperimen dan nilai 0,32 untuk kelas kontrol. Hasil uji t diperoleh bahwa ada perbedaan karena pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbasis budaya Melayu terhadap keterampilan pemecahan masalah fisika siswa SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyhari, A., & Sifa’i, M. (2021). Problem-Based Learning to Improve Problem-Solving Skill: Is it Effective Enough? Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 4(1), 78–88. https://doi.org/10.24042/ijsme.v4i1.8674

Bayar, M., & Tertemiz, N. I. (2024). Investigation of Four Operation Problem Solving Skills of Primary School Fourth-Grade Students According to Unknown Situation 1. 19(3), 7–28. https://doi.org/10.29329/epasr.2024.1067.1

Gumisirizah, N., Muwonge, C. M., & Nzabahimana, J. (2024). Effect of problem-based learning on students’ problem-solving ability to learn physics. Physics Education, 59(1). https://doi.org/10.1088/1361-6552/ad0577

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Departemen of Physics Indiana University.

Handayani, S., & Suyanta. (2024). The Influence of the Problem Based Learning Model on Students’ Problem. International Journal of Research and Review, 10(8), 6192–6197. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i8.8191

Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Seminar Nasional Pascasarjana.

Mangiduyos, G. P., & Subia, G. S. (2021). Twenty-First (21st) Century Skills of College of Education Alumni. Open Journal of Social Sciences, 09(09), 330–337. https://doi.org/10.4236/jss.2021.99023

Mardizal, J., Suryono, W., Nuswantara, K., Muhe, A., & Komari. (2023). Effectiveness of Project-Based Online Learning on 21st Century Thinking Skills of Indonesian Students: A Meta-Analysis Research from 2018-2023. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 966–975. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i11.5720

Maryono, Sinulingga, K., Derlina, & Sirait, R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kultur Budaya Jawa Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 13–24. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf

Mislaini, & Martin, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas XI TKR SMKN I Narmada. JUSTEK : Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 314–323. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ

Nezu, A. M., Nezu, C. M., & D’Zurilla, T. J. (2007). Solving Life’s Problems. Spinger Publishing Company.

Nugroho, D. A., Nugroho, D. A., Musliman, A., Studi, P., & Fisika, P. (2024). Prosiding Seminar Nasional Sains Penerapan Culturally Responsive Teaching dengan Budaya Betawi pada Pembelajaran Fisika. 5(1), 208–213.

Puspadewi, M. M., Sadia, I. W., & Yasa, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X MIA 2 SMA Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 7(2), 131–140.

Putri, M. W., Prayogi, S., Gummah, S., & Azmi, I. (2023). Pengaruh Model Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 11(1), 22. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v11i1.10071

Rusmin, L., Misrahayu, Y., Pongpalilu Fien, Radiansyah, & Dwiyanto. (2024). Critical Thinking and Problem- Solving Skills in the 21st Century. 1(5), 144–162.

Sani, R. A. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Kencana.

Simamora, R. E., Surya, E., & Rotua Sidabutar, D. (2017). Improving Learning Activity and Students’ Problem Solving Skill through Problem Based Learning (PBL) in Junior High School. Article in International Journal of Sciences Basic and Applied Research, 33(2), 321–331. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied

Siregar, R., Sirait, M., & Audina, N. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa. In Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika (Vol. 10, Issue 2). https://doi.org/10.33394/j-lkf.v10i2.6305

Tandipau, A., Verra Tumangkeng, J., & Umboh, S. I. (2024). Exploration of Physics Concepts From The Local Wisdom Of Toraja Pa’gellu Dance Using Guided Inquiry Model. SOSCIED: Journal Social, Science and Education, 7(1).

Ummi, S., Sahyar, & Derlina. (2017). Development of Learning Devices Using Problem Based Learning Model Based on Malay Culture to Improve Students’ Problem Solving Skill and Self-Regulated Learning. Journal of Education and Practice, 8(19), 21–27. https://lens.org/050-494-700-869-556

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society. Hardvard University Press.

Wiyani, W. (2022). Efektivitas Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi pada Materi Momentum dan Impuls untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Unnes Physics Education Journal, 3(11), 63–69.

Yusal, Y., Nurazmi, N., & Harnipa, H. (2023). Application of Problem Based Learning to Enhance Students’ Problem Solving Ability in Static Fluid. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 6(2), 98–106. https://doi.org/10.37891/kpej.v6i2.461

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Shofia Ummi, Derlina, D., Sri Aningsih, Situmorang, H., & Solikin, S. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Budaya Melayu untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 6(1), 95–102. https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i1.4706

Issue

Section

Articles