Pengaruh Model Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Elastisitas dan Hukum Hooke
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i02.335Keywords:
model inquiry training, hasil belajar, aktivitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke. Jenis penelitian yaitu quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester I SMA Negeri 1 Parbuluan yang terdiri dari empat kelas MIA. Sampel penelitian yaitu kelas XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 35 orang yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 32,00 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 28,37. Nilai postes di kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 64,57 dan kelas kontrol 55,62. Berdasarkan hasil analisis uji t disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Parbuluan, dari T.P. 2019/2020.
Downloads
References
Elisa, (2018). Pengaruh Model Pembelajaran inquiry training Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa di SMA Negeri 2 Sipirok, jurnal penelitian dan pembelajaran MIPA, 3(1),35-41
Gurning E. S, dan Rahmatsyah, (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Geliga Sains, 5(2),81-87
Hutabarat, F. I (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengukuran, Jurnal Pendidikan Fisika, 6 (1),13-19
Lubis, R. H., (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1),44-49
Panjaitan, M.D.C dan Manurung, S.R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Macro Media Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI SMA Negeri 10 Medan T.P 2014/2015. Jurnal Inpafi, 4(1),77-85
Pardede, D. M. dan Manurung, S. R.(2016).Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika. 5(1),1-6
Sanjaya, W. (2011).Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Siagian, H. Dan Situmorang, R. A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Inquiry Training, Jurnal Inpafi.4(1),39-46
Trianto.(2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana
Wahyuni, I., dan Sipapaga,D. S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik dinamis, Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan.Vol 1.(1),22-28
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.