Analisis Hasil Penelitian Pendidikan Islam dengan Pendekatan Fisika
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i1.2807Keywords:
Pendidikan Islam, Pendekatan Fisika, SainsAbstract
Pendidikan harus sesuai dengan perkembangkan masyarakatnya. Dengan demikian, agar pembelajaran tidak membosankan maka setiap sekolah dapat memasukan materi-materi yang menghubungkan pendidikan Islam. Maka, tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi terkait pendidikan Islam dengan pendekatan fisika. Penelitian ini menggunakan desain metode kajian literatur review yang diambil sesuai dengan pokok pembahasan. Dari hasil penelusuran, peneliti menemukan lima penelitian yang menjadi fokus analisis, yaitu jurnal nasional dan internasional, terbitan tahun 2017-2022. Kelimanya dianalisis dan ditemukan bahwa model pembelajaran IPA (sains) berbasis Islam pada pembelajaran fisika yang diintegrasikan pada kegiatan keagamaan tidak mengurangi kadar keilmiahan dari pendidikan Islam itu sendiri, bahkan sains dan agama tidak saling bertentangan, keduanya saling berhubungan. Sains bagian dari ilmu fisika (Atha-thabi’ah), Ilmu yang dianugerahkan oleh Allah Swt sebagai pengetahuan sekaligus bentuk bertafakkur kepada-Nya. Alquran dan hadis menjadi dalil dan rujukan utama yang memperkuat hubungan pendidikan Islam dengan fisika, dimana terang-terangan memberikan gambaran secara tersurat maupun tersirat tentang fenomena alam. Dengan demikian menepis pendapat bahwa pelajaran fisika sangat sukar dan membosankan bagi siswa, justru memberikan pengetahuan baru sesuai perkembangan jaman. Penerapan pembelajaran fisika berbasis integrasi sains-Islami dapat meningkatkan hasil belajar dan karakter Islami siswa. Dapat mengarahkan siswa kepada keimanan, ketakwaan dan rasa bersyukur, sejatinya menunjukkan kedudukan seorang muslim dihadapan Allah Swt, menuju Rahmatan Lil Alamin.
Downloads
References
Apryandi, F., & Rosyidi, M. (2023). Pembelajaran Fisika untuk Menanamkan Karakter Islami di Internasional Islamic School (Studi Etnografi terhadap Guru Fisika). Research and Development Journal of Education, 9(2), 532–537.
Arifin, M. (2000). Filsafat Pendidikan Islam (6th ed.). Bumi Aksara.
Ashari, F., Hasyim, F., & Wobowo, H. A. C. (2019). Integrasi Kosmologi dalam Al-Qurán untuk Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, 71–76.
Aziz, R. M. (2020). Covid-19 Berdampak Ekonomi Dalam Pendidikan Fisika Dan Islam. KULIDAWA, 1(2), 77. https://doi.org/10.31332/kd.v1i2.1891
Azizah, R. L., & Roqib, M. (2024). Landasan Filosofi Studi Integrasi Islam, Sains, dan Budaya Nusantara. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(7), 1238–1251. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.7702.
Azra, A. (1999). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru (1st ed.). Logos Wacana Ilmu.
Bagir, Z. A., Wahyudi, J., & Anshori, A. (2005). Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi. Mizan Pustaka.
Budiman, M. N. (2001). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Madani Press.
Cronin, C. (2011). Doing Your literature Review: Traditional and Systematic Techniques. Evaluation & Research in Education, 24(3), 219–221. https://doi.org/10.1080/09500790.2011.581509
Darmana, A. (2016a). Internalisai Nilai Tauhid dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Islam, 27(1), 66. https://doi.org/10.15575/jpi.v27i1.496
Darmana, A. (2016b). Internalisasi Nilai Tauhid dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Islam, 27(1), 66. https://doi.org/10.15575/jpi.v27i1.496
Dody Rahayu Prasetyo. (2023). Pendampingan KSM Fisika menggunakan Pendekatan Islamic Contextual Teaching and Learning di MA Muwahidun. Migunani Nusantara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Migunani Nusantara, 1(2), 7–15.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desian Metode Penelitian Kulaitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.
Fikri, M., & Mubarokah, N. H. Al. (2023). Buku Ajar Fisika Materi Suhu dan Kalor Kelas XI dengan Pendekatan Pembelajaran Terintegrasi Ayat Al- Qur’an dan Al- Hadits. ATHENA: Journal of Social, Culture and Society, 1(1), 15–21.
Firdaus, E. Y., Maiyena, S., Idrus, H., & Haris, V. (2023). Development of an Integrated Physics Learning Module Using Augmented Reality (AR) with Al-Qur’an on Fluid Material for Senior High School. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 265. https://doi.org/10.20527/jipf.v7i2.8720
Fitriah, L. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Tadris Fisika UIN Antasari Banjarmasin pada Perkuliahan Fisika Dasar 1 dalam Satting Strategi Motivasi ARCS. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2).
Fitriah, L. (2020). Use of Islamic and Local Wisdom Textbook to Train the Religious Character of Prospective Physics Teachers. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(3), 157. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i3.8560
Ghulsyani, M. (1995). Filsafat Sains Menurut Al-Qur’an (Z. Abidin (ed.)). Mizan Pustaka.
Hapiz, M. I. bin A., Izahar, A. B., Hissham, N. B., Khalik, A. B. A., Suhaimi, S. B. M., & Yusof, N. A. binti M. (2022). Hubungan Ilmu Fisik dan Pendidikan Islam Melalui Ayat Al-Qur’an. IN RIGHT: Jurnal Agama Dan Hak Azazi Manusia, 11(1), 55. https://doi.org/10.14421/inright.v11i1.2511
Haris, A. H. M. A. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. In Filsafat Pendidikan Islam (Vol. 3, p. 397). Logos.
Hula, I. R. N., Gunawan, M. R., Boham, H., & Podungge, M. (2023). Tafsir Tarbawi: Pendidikan Fisika dalam Al-Quran. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika (JPIF), 3(1), 184–191.
Kadir, A. (2008). Keterkaitan Fisika dengan Al-Qur’an. Al-’Adl, 1(1). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31332/aladl.v1i1.751
Karim, M. N., Bakar, A., & Miswanto. (2023). Konsep Implementasi Integrasi Sains dengan Agama (Islam) dalam Kurikulum Pendidikan Islam di Madrasah dan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Jurnal Adzkiya, VII(1), 25–32.
Khairudin, K. (2024). Pembelajaran Terpadu Pendidikan Agama Islam dan Sains. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 22(1), 62-77. https://doi.org/10.52266/kreatif.v22i1.2577.
Khoiri, A., Agussuryani, Q., & Hartini, P. (2017). Penumbuhan Karakter Islami melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Integrasi Sains-Islam. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tabiyah, 2(1).
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.
Mujizatullah. (2019). Islamic-Based Physics Learning Model in The Subject of Solar System and Life on Earth. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1).
Nur’aini, Dacholfany, M. I., Cahyono, H., & Khumairo, A. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Agama Islam di SMP Islam Darul Muttaqin Metro Lampung. PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 4(1), 97–103.
Nurasmah, & Kambali. (2024). Integrasi Sains dan Agama Ditinjau dari Prepektif Islam. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(1). https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(2).171-188
Rohmadi, M., & Septiana, N. (2023). Pengembangan Majalah Fisika pada Materi Usaha dan Energi Terintegrasi Islam. JIPFRI: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah, 7(2), 93–105.
Rowley, J., & Slack, F. (2004). Conducting a Literature Review. In Management Research News (Vol. 27, Issue 6, pp. 31–39). https://doi.org/10.1108/01409170410784185
Rustam, E. R. (2022). Buku Ajar Pengantar Pendidikan. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenadamedia Group.
Sari, T. K. (2019). Peningkatan Minat Belajar Fisika melalui Pembelajaran Berbasis Multipel Intelligence bagi Peserta Didik SMK. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.260
Tebriani, S., & Akmal, H. (2021a). Filosofi Islam pada Pembelajaran Fisika Materi Tekanan Sebuah Urgensi Al-Qur’an dalam Pemahaman Konsep. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 7(2), 151–159.
Tebriani, S., & Akmal, H. (2021b). Filosofi Islam pada Pembelajaran Fisika Materi TekananSebuah Urgensi Al-Qur’An dalam Pemahaman Konsep. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 7(2), 151–159. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/nsc.v7i2.3116
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FKIP UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian IV: Pendidikan Lintas Bidang (1st ed.). Imperial Bhakti Utama.
Wahyuni, A. I., Astuti, B., & Yulianti, D. (2017). Bahan Bahan Ajar Fisika I-SETS Berkrakter Terpadu: Islamic, Science, Environment, Teknologi, Society) Terintegrasi Karakter. Unnes Physics Education Journal, 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19309
Watson. (2014). Hubungan Sains dan Agama: Refleksi Filosofis atas Pemikiran Ian G. Barbour. Jurnal Studi Islam, 15(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.