Analisis Kemampuan Siswa dalam Membuat Grafik pada Pokok Bahasan Kinematika di SMA N 1 Indralaya
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i02.263Keywords:
Kemampuan membuat grafik, KinematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membuat grafik pada materi kinematika di SMA N 1 Indralaya. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dan instrumen pengumpul data menggunakan instrumen tes dalam bentuk essai. Subjek penelitian adalah peserta didik SMA N 1 Indralaya di kelas X IPA 3 tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 33 orang. Berdasarkan analisis data terungkap bahwa kemampuan siswa dalam membuat grafik berada pada level 2 (kategori cukup), yang ditunjukkan kemampuan dalam membuat grafik jarak terhadap waktu siswa berada pada level/tingkat 2 (40.9 %), kemampuan membuat grafik kecepatan terhadap waktu siswa berada pada level/tingkat 2 (33.7 %), dan untuk membuat grafik percepatan terhadap waktu berada pada level/tingkat 1 (37.37 %).
Kata kunci: Kemampuan membuat grafik, Kinematika, kategori cukup
Downloads
References
Astuti, F.D. (2014). Remediasi menggunakan multi-representasi untuk mengurangi
siswa sma yang tidak dapat menyelesaikan soal hukum archimedes. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Untan Pontianak.
Hasbullah & Nazriana, L. (2017). Peningkatan Kemampuan Interpretasi Grafik Melalui Pendekatan Multi-representasi pada Materi Gerak Lurus. Seminar Nasional II USM. 1, 114-118.
Ismet. (2017). Disain Model Multirepresentasi Pada Perkuliahan Pendahuluan Fisika Zat Padat untuk Mengembangkan Kemampuan Berargumentasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, Palembang: 23 September 2017. Hal. 109-115.
Koentjaraningrat. (1986). Manajemen Penelitian. Jakarta: Aksara Baru.
Mustain, I. (2015). Kemampuan Membaca dan Interpretasi Grafik dan Data: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 8 SMPN. Scientiae Educatia. 5 (2).
Nopitasari, N. M. A., Ariani, T., & Yolanda, Y. (2015). Analisis Miskonsepsi Fisika Siswa Kelas X MAN 1 (model) Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016 Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus. Skripsi. STKIP-PGRI lubuklinggau.
Parmalo, Y. (2016). Deskripsi Kemampuan Menafsirkan Grafik Kinematika Siswa Kelas X SMA N 3 Sungai Kakap. Skripsi. Universitas Tanjungpura.
Prasetya, A. A. (2008). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menginterpretasi dan Menggambar Grafik s-t dan v-t Pada GLB dan GLBB Melalui Pembelajaran Menggunakan Contoh Dalam Kehidupan Sehari-hari. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.
Saepuzaman, D. (2016). Desain Pembelajaran Student’s Conceptual Contruction Guider Berdasarkan Kesulitan Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Konsep Gerak Parabola. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 79-86.
Semiawan. (1990). Pendekatan keterampilan proses. Jakarta: Gramedia.
Setyani, N. D. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Multirepresentasi Pada Materi Kinematika dan Dinamika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika II.
Subali, B., Rusdiana, D. Firman, H., & Kaniawati, I. (2015). Analisis Kemampuan Interpretasi Grafik Kinematika Pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), Bandung: 8-9 Juni 2015.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Widianingtiyas, L., Siswoyo., & Fauzi, B. (2015). Pengaruh Pendekatan Multi representasi dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1).
Yustiandi, Y., & Saepuzaman, D. (2017). Profil Kemampuan Interpretasi Grafik Kinematika Siswa SMA Kelas X. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(1).
Yusuf, M & Setiawan, W. (2009). Studi Kompetensi Multirepresentasi Mahasiswa pada Topik Elektrostatika. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(1).
Zainuddin, Z. (2007). Analisis Karakteristik Umum Materi Ajar Fisika Serta Strategi Belajar dan Pembelajarannya. Paradigma Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1): 65-72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.