Bahan Bahan Ajar dengan Model Group Investigation untuk Melatih Keterampilan Pemecahan Masalah

  • Asyafaah Universitas Lambung Mangkurat
  • Zainuddin Universitas Lambung Mangkurat
  • Dewi Dewantara Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Efektivitas, Group Investigation, Keterampilan Pemecahan Masalah

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah adalah keterampilan yang penting dikuasai oleh siswa agar dapat menghadapi tantangan abad 21 beserta segala perkembangannya. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas bahan ajar menggunakan model pembelajaran group investigation. Pembelajaran ini menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan oleh peneliti dan diuji validitasnya sehingga valid digunakan dalam pembelajaran melalui pendekatan ADDIE yang diuji cobakan di salah satu SMA di Banjarmasin. Efektivitas diukur dengan menggunakan N-Gain, dengan data yang bersumber dari pretest dan posttest siswa. Hasil dari perolehan N-gain menunjukkan angka 0,61 dengan kategori tinggi dan dengan hasil peningkatan dari setiap indikator keterampilan pemecahan masalah yang signifikan. Sehingga dapat dikatakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar di sekolah serta mampu melatih keterampilan pemecahan masalah siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, A., Wati, M., & Mahardika, A. I. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Getaran dan Gelombang dengan Model Inkuiri Terstruktur untuk Siswa Kelas VIII A SMPN 31 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 1.

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Ariyanti, A. M., Zainuddin, Z., & Dewantara, D. (2022). Development of Electronic Teaching Material Containing South Kalimantan’s Traditional Game to Improving Students’ Problem-Solving Ability. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 15(2), 60–71.

Azhary, Y., Mastuang, & Dewantara, D. (2021). Development of Linear Impulse and Momentum Teaching Material with Al-Quran Verses to Practice Students’ Problem Solving Skills: Validity Review. The 1st International Conference on Education and Technology.

Azhary, Y., Mastuang, & Dewantara, D. (2022). Impulse and Momentum Linear Teaching Materials with Al-Quran Verses to Practice Problem Solving Skills of Students: Practicality and Effectiveness. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 6(2), 87–94.

Azmi, P. U., Arifuddin, M., & Hartini, S. (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 130–141.

Effendy, I. (2018). Pengaruh Pemberian Pre-test dan Post-test terhadap Hasil Belajar Mata Diklat pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 81–88.

Fadhila, F. N., Arifuddin, M., & Miriam, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Fisika dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 160.

Fautin, S., M, A. S., & Dewantara, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Multimodel pada Topik Teori Kinetik Gas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 111–125.

Handayani, A. (2018). Strategi Mind Map dalam Pembelajaran Group Investigation terhadap Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Siswa. Momentum: Physics Education Journal, 2(1), 15–20.

Hartono, T. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah. Jurnal HISTORIA, 4, 131–142.

Imam, I., Ayubi, A., & Berdard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovasi, 355–360.

Kurniawan, B. P., Bektiarso, S., & Subiki. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Disertai Penilaian Kinerja dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-A MTs Nurul Amin Jatiroto. Jurnal Pembelajaran Fisika, 328–333.

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaranan, 3, 306–315.

Murnaka, N. P., Anggraini, B., & Surgandini, A. (2019). Efektifitas Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 30–36.

Murniati, & Barokah. (2017). Keefektivan Penerapan Model Group Investigation dengan Strategi Question Student Have pada Mata Kuliah Mekanika di Program Studi Pendidikan Fisika Fkip Unsri. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3).

Ningsih, F. (2019). Pengaruh Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Mts Kabupaten Kerinci. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 351–362.

Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Karakter Sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272–285.

Purnamasari, U. A., Arifuddin, M., & Hartini, S. (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1).

Ratnaningdyah, D. (2017). Upaya Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Fisika dengan Model Cooperative Problem Solving (CPS). IPF Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(1), 3.

Sinambela, P., & Nauli, J. M. (2013). Kurikulum 2013, Guru, Peserta didik, Afektif, Psikomotorik, Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 17–29.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung : Alfabeta.

Suyidno, & Jamal, M. A. (2012). Strategi Belajar Mengajar. P3AI Universitas Lambung Mangkurat.

Trikasari, K. M., Ege, B., & Supiandi, M. I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 1(1), 29–39.

Widyaningsih, R. O. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation pada Mata Pelajaran Kearsipan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9, 77–84.

Yunita, Y., & Makiyah, Y. S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 71–74.

Published
2024-04-30
How to Cite
Asyafaah, Zainuddin, & Dewantara, D. (2024). Bahan Bahan Ajar dengan Model Group Investigation untuk Melatih Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 5(1), 8-14. https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i1.2568
Section
Articles