The Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Pada Materi Hukum Termodinamika Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA

  • Safira Hesty Maghfiro Universitas Jember
  • Albertus Djoko Lesmono Universitas Jember
  • Trapsilo Prihandono Universitas Jember
Keywords: berpikir kritis, discovery learning, hukum termodinamika, LKPD

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat berpikir kritis siswa Indonesia berdasarkan hasil survey penelitian PISA dan TIMSS semenjak tahun 2003. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada materi hukum termodinamika untuk melatih berpikir kritis siswa kelas XI SMA dengan berbasis model pembelajaran discovery learning yang teruji valid, efektif, dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development dengan metode pengembangan ADDIE. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil 80,9% pada tingkat efektivitas yang menyatakan LKPD yang dikembangkan telah sangat efektif dalam melatih kemampuan berpikr kritis siswa SMA pada materi Hukum Termodinamika. LKPD ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian serupa dan bahan ajar tambahan bagi guru dalam memberikan materi fisika yang lebih terfokus pada kegiatan student-center learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annafi, N., Ashadi, dan Mulyani, S. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA, Jurnal Inkuiri, 4(3), 16 – 19.

Asfar, A.M., I. Taufan, S. Nur., dan A.M Iqbal Akbar Asfar. (2018). The Improvement Of Mathematical Problem-solving through the Application of Problem Posing & Solving (PPS) Learning Model, Atlantis Press, 227(1), 362-366.

Cahyadi, R.A.H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model, Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.

Fazryati, I. (2022). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Kota Malang Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate Thesis. Universitas Muhammadiyah Malang.

Oktaviani, R.E. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas V Sekolah. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2013). PP RI Nomor 32, Tahun 2013, tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendikbud Republik Indonesia. (2013). Permendikbud RI Nomor 69, Tahun 2013, tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Riduwan. (2017). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rahmadhia, S.N. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning pada Materi Sistem Saraf untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.

Rifa’i, Ahmad, dan C. Anni. (2019). Psikologi Pendidikan. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Wangi, U.S., S. Ayub., A. Harjono., dan A. Doyan. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Discovery Learninguntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2620 – 8326.

Zuriah, N., dan H. Sunaryo. (2022). Konstruksi Profil Pelajar Pancasila Dalam Buku Panduan Guru Ppkn Di Sekolah Dasar, Jurnal Civic Hukum, 7(1), 75.

Published
2024-04-30
How to Cite
Safira Hesty Maghfiro, Djoko Lesmono, A., & Prihandono, T. (2024). The Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Pada Materi Hukum Termodinamika Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 5(1), 89-95. https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i1.2524
Section
Articles