Analisis Buku Teks Pelajaran Fisika SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Berdasarkan Pendekatan Saintifik

  • Febrina Aprodita Universitas Mulawarman
  • Zeni Haryanto Universitas Mulawarman
  • Abdul Hakim Universitas Mulawarman
Keywords: Pendekatan saintifik, Fisika, Buku teks pelajaran fisika SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan saintifik yang ada pada buku teks fisika SMA/MA kelas X kurikulum 2013. Pendekatan saintifik memuat aspek 5M yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dokumen (content analysis). Total frekuensi kemunculan aspek-aspek pendekatan saintifik pada buku yang dianalisis yaitu aspek mengamati dan menanya sebanyak 38 dan 20 kemunculan, aspek mencoba dan menalar sebanyak 28 dan 22 kemunculan, serta aspek mengkomunikasikan sebanyak 17 kemunculan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks pelajaran fisika SMA/MA kelas X kurikulum 2013 telah menyajikan kelima aspek pendekatan saintifik, namun penyebaran di setiap babnya tidak merata. Aspek yang sering muncul adalah aspek mengamati dan aspek yang jarang muncul adalah aspek mengkomunikasikan. Oleh karena itu masih perlu dikembangkan buku teks yang memuat pendekatan saintifik secara merata di setiap babnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awalludin, A., Subadiyono, S., & Nurhayati, N. (2019). Pengembangan Buku Teks Sintaksis Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja. In Logat: Jurnal Bahasa Indonesia Dan Pembelajaran (Vol. 6, Issue 2).

Bonawati, E. (2007). Buku Teks Dalam Pembelajaran Geografi di Kota Semarang. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian, 4(2).

Daryanto, D. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Diani, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 86–87.

Farida, N. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. In Solo: Cakra Books.

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2013). Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Invotec, 9(2).

Ferryka, P. Z. (2017). Analyzing the Thematic-Integrative Content, the Scientific Approach, and the Authentic Assessment in the Theme 1 Textbook for Grade II Students of Elementary Schools. Jurnal Prima Edukasia, 5(2), 173.

Gerde, H. K., Schachter, R. E., & Wasik, B. A. (2013). Using The Scientific Method to Guide Learning: An Integrated Approach to Early Childhood Curriculum. Early Childhood Education Journal, 41(5), 315–323.

Hernawati, D., Amin, M., Irawati, M. H., Indriwati, S. E., & Omar, N. (2018). The Effectiveness of Scientific Approach Using Encyclopedia as Learning Materials in Improving Students’ Science Process Skills in Science. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(3), 267.

Hilda, L. (2015). Pendekatan Saintifik Pada Proses Pembelajaran (Telaah Kurikulum 2013). Jurnal Darul ‘Ilmi Vol, 3(01).

Krippendorff, K. (2018). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. Sage publications.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Maryati, M., Zubaidah, E., & Mustadi, A. (2019). A Content Analysis Study of Scientific Approach and Authentic Assessment in The Textbook of Curriculum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 7(2), 128.

Muharam, A. R. (n.d.). Analisis Buku Teks Pelajaran Fisika Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 dan KTSP Berdasarkan Pendekatan Saintifik. Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mukaromah, H. (2020). Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2017 Ditinjau Dari Implementasi Pendekatan Saintik.

Mumpuni, A. (2018). Integrasi Nilai Karakter Dalam Buku Pelajaran: Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Deepublish.

Nurmalasari, R., Sutadji, E., Oktaviastuti, B., & Sunardi, S. (2020). The Role of Textbooks to Support Scientific Approach Learning Implementation on Vocational High School (Book Review of Mechanics and Machine Elements for SMK Class X). JPP (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 27(1), 24–25.

Sani, A. H. (2015). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik dan Kaitannya dengan Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013.

Sufairoh, S. (2017). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 122–123.

Sukiminiandari, Y. P., Budi, A. S., & Supriyati, Y. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Saintifik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Journal), 4.

Surasmi, W. A. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Tersedia: Http://Repository. Ut. Ac. Id/1488/1/Artikel% 20Wuwuh% 20Asrining. Pdf Yang Diunduh Pada, 30.

Wiyono, K., & Zakiyah, S. (2019). Pendidikan Fisika Pada Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ULM, 7.

Yuniasih, N. (2015). Analisis pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 di SDN Tanjungrejo 1 Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(1), 574–581.

Zaim, M. (2017). Implementing Scientific Approach to Teach English at Senior High School in Indonesia. Asian Social Science, 13(2), 34.

Zulmaidah, Z., Suyatna, A., & Rosidin, U. (2020). An Analysis of Need and Design of M-learning Using Scientific Approach on Electricity Material in Senior High School to Stimulate Higher Order Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1572(1), 1.

Published
2023-11-30
How to Cite
Aprodita, F., Zeni Haryanto, & Abdul Hakim. (2023). Analisis Buku Teks Pelajaran Fisika SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Berdasarkan Pendekatan Saintifik. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 4(2), 110-118. https://doi.org/10.30872/jlpf.v4i2.2505
Section
Articles