Kajian Etnosains pada Makanan Khas Usaku (Tepung Jagung) sebagai Media Belajar Fisika

  • Ela Mariana Silla Universitas San Pedro
  • Marlince Dopong Universitas San Pedro
  • Pereronela Juilesti Teuf Universitas San Pedro
  • Hilary Fridolin Lipikuni Universitas San Pedro
Keywords: Etnosains, Kearifan Lokal, Media Belajar, Usaku

Abstract

Etnosains merupakan suatu pendekatan pembelajaran IPA yang mengimplementasikan kearifan lokal (budaya daerah)  menggunakan produk budaya tertentu. Kearifan lokal dapat berupa makanan dan minuman, upacara adat, tari-tarian, permainan dan bahasa tradisional. Kearifan lokal berbasis makanan tradisional salah satunya adalah usaku. Usaku merupakan makanan tradisional yang berbahan baku jagung dan kelapa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi konsep-konsep fisika pada proses pengolahan usaku. Metode penelitian yang digunakan dalam pengolahan usaku adalah penelitian deskriptif kualitatif berupa wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan beberapa tahap, yaitu reduksi data, data display dan   penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi objek dan konsep-konsep fisika yang dapat ditemukan pada pembelajaran IPA berbasis local genius. Hasil penelitian ini adalah potensi proses pengolahan usaku digunakan sebagai sumber belajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada proses pengolahan usaku terdapat konsep-konsep fisika yang diidentifikasi pada konsep materi usaha, gaya, tekanan, massa jenis, suhu, kalor, perubahan zat dan momentum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidinsyah, A., Ramdiah, S., dan Royani, M. (2019). The Implementation of Local Wisdom-Based Learning and HOTS-Based Assessment: Teacher Survey in Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(3), 407-414.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Bandung: Perpustakaan Digital UIN Sunan Gunung Djati.

Festiyed, Elvianasti, M., Diliarosta, S., dan Anggana, P. (2022). Pemahaman Guru Biologi SMA di Sekolah Penggerak DKI Jakarta terhadap Pendektan Etnosains pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 152-163.

Jumriani. (2021). The urgency of local wisdom content in social studies learning: literature review. The Innovation of Social Studies Journal. 2(2), 103-109.

Kim, H. J. (2016). Charateristic of Qualitative Descriptive Studies: A Sistematic Review. Research In Noursing & Health. USA: Wiley Periodicals, Inc.

Mayasari, T. (2017). Integrasi Budaya Indonesia dengan Pendidikan Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 3.

Parmin. (2017). Ethnosains . Semarang: Swadaya Manunggal.

Rejeki, R. A., Adnan, M.F., dan Siregar, P.S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337-343.

Safitri, A., Subiki, & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal, Kopi Pada Pokok Bahasa Usaha dan Energi di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(1), 22-29.

Sudarmin. (2015). Pendidikan Karakter, Etnosains Dan Kearifan Lokal. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Suparni, N. W. (2019). Hasil Belajar pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Bebas dan Inkuiri Terbimbing. Journal of Education Technology, 2(4), 192-196.

Laos, L.E., dan Tefu, M.O.F.I. (2019). Identifikasi Konsep Fisika Pada Kearifan Lokal Pengolahan Sagu (Putak) Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Fisika: Fisika Sains dan Aplikasinya, 4(2), 77-84.

Wahyu, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Etnosains Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 140-147.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta: Jakarta.

Published
2023-06-16
How to Cite
Silla, E. M., Dopong, M., Teuf, P. J., & Lipikuni, H. F. (2023). Kajian Etnosains pada Makanan Khas Usaku (Tepung Jagung) sebagai Media Belajar Fisika. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 4(1), 30-39. https://doi.org/10.30872/jlpf.v4i1.2060
Section
Articles