Tionghoa (Muslim) di Makassar: Studi Atas Pembaurannya dalam Bidang Budaya dan Ekonomi Pada Masa Orde Baru

Main Article Content

Nurhayati Nurhayati
Aksa Aksa

Abstract

Orang Tionghoa yang datang di Makassar berasal dari berbagai suku bangsa dan mempunyai latar belakang kebudayaan yang berbeda. Etnis Tionghoa Muslim di Makassar pada masa Orde baru telah melakukan pembauran dengan masyarakat setempat sebagai usaha dan kelanjutan dari kebijakan pemerintah untuk melakukan asimilasi total. Namun usaha tersebut sampai sekarang belum membuahkan hasil yang dapat dijadikan pijakan bagi semua pihak atas masalah ini. Harus diakui bahwa usaha pembauran selama ini masih ada sikap tidak senang dan diskriminatif terhadap etnis Tionghoa di Indonesia. Meski demikian, masyarakat keturunan Tionghoa justru sangat unggul dalam bidang perekonomian, sehingga seringkali mereka menjadi sasaran kecemburuan sosial. Masyarakat Tionghoa Makassar telah berbaur dan membangun interaksi dengan masyarakat Bugis-Makassar. Bahkan sebagian Tionghoa Peranakan telah menganggap dirinya sebagai orang pribumi, walaupun identitas mereka tidak serta mereka lupakan begitu saja.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Nurhayati, N., & Aksa, A. (2020). Tionghoa (Muslim) di Makassar: Studi Atas Pembaurannya dalam Bidang Budaya dan Ekonomi Pada Masa Orde Baru. Yupa: Historical Studies Journal, 4(2), 93-102. https://doi.org/10.30872/yupa.v4i2.386
Section
Articles
Bookmark and Share

References

Bahrum, Shaifudin. 2003. Cina Peranakan Makassar: Pembauaran Melalui Perkawinan Antar Budaya. Makassar: Yayasan Baruga Nusantara.
Effendy, Muslimin A.R. 2004. Tionghoa-Makassar di tengah Pusaran Sejarah. Dalam Sutherland, Heather dkk. 2004. Kontinuitas dan Perubahan dalam Sejarah Sulawesi Selatan (Penyunting Dias Pradadimara dan Muslimin A.R. Effendy). Yogyakarta: Ombak.
Koentjaraningrat, 1980. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.
Mahfud, Choirul. 2013. Manifesto Politik Tionghoa di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhammad, As’adi. 2011. Membaca Karakter Orang Berdasarkan Etnisnya. Jogjakarta: Najah.
Nurhayati, N. (2018). Assimilating Indonesia Chinese Muslim in Makassar (1967-1997). Yupa: Historical Studies Journal, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.30872/yupa.v2i1.111
Rosmini, dkk. 2016. Geliat Keberagamaan Moderat Komunitas Muslim Tionghoa: (Studi Kontribusi Pengkajian IslamIntensif dalam Keberagamaan Moderat Muslim Tionghoa Kota Makassar). Makassar: PKBM rumah buku carabaca.
Sjamsudin, Helius. 2007. Metodologi Sejarah. Yogjakarta: Ombak.
Soyomukti, Nurani. 2012. Soekarno & Cina. Jogjakarta: Garasi.
Wirawan, Yerri. 2008. Sejarah Masyarakat Tionghoa Makassar dari Abad ke-17 hingga ke-20. Jakarta: Kepustakaan populer Gramedia.
Yuanzhi, Kong. 2000. Muslim Tionghoa Cheng Ho: Misteri Perjalanan Muhibah di Nusantara. Jakarta: Pustaka Populer Obor.