Konflik Antara Warga Desa dan Perkebunan Kelapa Sawit di Kecamatan Kuripan Kabupaten Barito Kuala (2007-2021)

Main Article Content

Rochgiyanti Rochgiyanti

Abstract

Konflik antara warga desa dan perkebunan kelapa sawit terjadi karena perebutan sumber daya alam. Tujuan penelitian untuk menjelaskan proses terjadinya konflik serta upaya penyelesaian selama 2007-2021. Penelitian menggunakan metode sejarah melalui tahap heuristik, data dikumpulkan dari wawancara dan dokumen.  Tahap kritik untuk mengetahui keabsahan data. Tahap interpretasi untuk menganalisis temuan. Tahap historiografi sebagai hasil rekonstruksi masa lampau secara naratif. Hasil penelitian, sejak 2007 warga menolak masuknya perkebunan kelapa sawit.  Tahun 2008 masuk perkebunan kelapa sawit. Tahun 2018 pihak perkebunan melakukan aktivitas di lahan sengketa sehingga memicu konflik dengan warga. Penyelesaian konflik oleh warga dan perusahaan sejak 2018 menemui kegagalan.  Tahun 2019 penyelesaian konflik dimediasi oleh anggota dewan yang menghasilkan tiga kesepakatan, namun tidak diikuti dengan pemantauan sehingga terjadi pelanggaran. Kesimpulan, konflik terjadi karena adanya aktivitas dari perkebunan. Rekomendasinya, resolusi konflik seyogyanya diikuti dengan pemantauan kesepakatan untuk mengetahui kepatuhan para pihak.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Rochgiyanti, R. (2022). Konflik Antara Warga Desa dan Perkebunan Kelapa Sawit di Kecamatan Kuripan Kabupaten Barito Kuala (2007-2021). Yupa: Historical Studies Journal, 6(1), 33-44. https://doi.org/10.30872/yupa.v6i1.1048
Section
Articles
Bookmark and Share

References

Hadi, S. P. (2010). Resolusi Konflik Lingkungan. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal Ashri Publishing.
Rochgiyanti. (2021). Resolusi Konflik Berbasis Kearifan Lokal : Analisis Konflik Lahan Hadangan Antara Peternak Dengan KUD pengelola Kebun Plasma Kelapa Sawit di Kecamatan Kuripan Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Universitas Diponegoro.
Rochgiyanti, Putro, H. P. N., Nasrullah, & Mattiro, S. (2014). Kearifan Lokal Orang Dayak Bakumpai di Lahan Basah. Aynat Publishing bekerja sama dengan Lembaga Penelitian Universitas Lambung Mangkurat.
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'