Pengembangan E-modul Flipbook berbasis Infografis pada Mata Pelajaran IPS SISWA Kelas VII di SMPN 05 Samarinda

  • Safira Salsabila Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman
  • Riyo Riyadi Universitas Mulawarman
Keywords: Research & Development, Bahan Ajar, E-modul flipbook berbasis infografis

Abstract

Penelitian ini bertujuan dalam mengembangkan bahan ajar e-modul flipbook berbasis infografis pada mata pelajaran IPS kelas VII untuk menguji tingkat kelayakan bahan ajar dan respon siswa kelas VII A di SMPN 05 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, design, development, disseminate). Hasil penelitian menunjukkan, tingkat kelayakan bahan ajar e-modul flipbook berbasis infografis (1) penilaian oleh ahli materi dengan jumlah skor  42,5 termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan presentase kelayakan  85%. (2) hasil penilaian oleh ahli media dengan jumlah total skor 66 termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak” dengan presentase kelayakan 88%. (3) hasil penilaian kelompok kecil dengan jumlah total skor 46,4 termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak” dengan presentase kelayakan 92,8%. (4) hasil penilaian kelompok besar memperoleh total skor 45,11 termasuk dalam kategori ”Sangat Layak” dalam presentase kelayakan 90,2%. Kesimpulannya, bahan ajar e-modul flipbook berbasis infografis “layak” digunakan sebagai sumber pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanullah, 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0”. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (1), 40-41.
Amalia, A. R., Sudarman, & Haidar, K. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model Cooperative Learning Numbered Heads Together Dengan Media Gambar Dan Tanpa Media Gambar Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Sangatta Utara. Jurnal Prospek : Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 3(1), 28–42. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jpe
Amaliati, A., Ellyawati, N., & Rahayu, V. P. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Daring Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Prosiding Prodi Pendidikan Ekonomi, 2–8.
Astuti, R. F. (2015). Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 9, 60–70.
Aryawan, Riski, Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. 2018. "Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Singaraja". jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6, 180–191.
Dewi, P. N. S., Sudarman, & Haidar, K. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 3 Samarinda. Prosiding Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman.
Dewi, T. K., Haidar, K., & Ellyawati, N. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Di Smp Negeri 14 Samarinda. Prosiding Prodi Pendidikan Ekonomi, 18–24.
Fauzan Rachman, M., Sudarman, Ellyawati, N., & Astuti, R. F. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas Xi Sma Negeri 1 Bontang. Jurnal PROMOSI : Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 10(2), 109–117.
Ghaliyah, S., Bakri, F., & Siswoyo. 2015. "Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Learning Cycle 7E pada Pokok Bahasan Fluida Dinamik untuk Siswa SMA Kelas XI". Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, 149–154.
Larasati, A., Sudarman, & Riyadi, R. (2021). Kontribusi Komponen E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Smp Negeri 2 Samarinda. Prosiding Prodi Pendidikan Ekonomi.
Magong, Y., Reza, & Rahayu, V. P. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Mulawarman. Prosiding Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman.
Prastika, N., Sudarman, S., & Haidar, K. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMAN 13 Samarinda. Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 1(2), 19–29. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/prospek
Perdana, F. A., Sarwanto, S., Sukarmin, S., & Sujadi, I. 2017. "Development Of E-Module Combining Science Process Skills and Dynamics Motion Material to Increasing Critical Thinking Skills and Improve Student Learning Motivation Senior High School". International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(1), 45.
Rapida, W., Haidar, K., & Abu, I. (2022). Analisis Kesiapan Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 21 Samarinda. Langgong : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 14–22. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/langgong
Reza, R., Ellyawati, N., & Masyanah, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mind Mapping Dengan Powerpoint Di Sma Islam Terpadu Granada Samarinda. PROMOSI : Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 9(1), 1–11.
Simiciklas. 2012. The Power of Infographics. United States America: Pearson Education.
Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. 2020. "Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0". Karinov, 3(1), 54.
Sudarman. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran blended learning terhadap perolehan belajar konsep dan prosedur pada mahasiswa yang memiliki self-regulated learning berbeda. JPP : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 107–117.
Sudarman. (2017). Pengembangan Ebook Panduan Praktikum Sebagai Suplemen Pendukung Pembelajaran Blended Learning. Konferensi Antar Bangsa Islam Borneo Ke-10.
Sudarman, S., Riyadi, R., & Astuti, R. F. (2020). Development of Interactive Learning Multimedia to Increase Understanding of Basic Skills Teaching Procedures. 2nd Educational Sciences International Conference (ESIC 2019), 132–136.
Sudarman, Sugeng, & Hairullah. (2019). Development of interactive infographic learning multimedia on study methodology study course of Economic Education Program of Mulawarman University. JPP : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 25(2), 51–64.
Syahputra, E. 2018. "Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya Di Indonesia". Prosiding Seminar Nasional (SINASTEKMAPAN), 1(November 2018), 1281.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. "Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children". Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Published
2022-12-31
How to Cite
Salsabila, S., Sudarman, S., & Riyadi, R. (2022). Pengembangan E-modul Flipbook berbasis Infografis pada Mata Pelajaran IPS SISWA Kelas VII di SMPN 05 Samarinda. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(2), 71-79. https://doi.org/10.30872/prospek.v4i2.2235
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>