PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA ISLAM SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Islam Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa – siswi kelas X IPS 1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 2 yang berjumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Hipotesis penelitian ini di uji menggunakan mann whitneyt karena data tidak berdistribusi normal untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh rata – rata antara dua kelompok sampel yang tidak berhubungan. Berdasarkan analisis data diperoleh rata – rata nilai hasil belajar ekonomi untuk kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 16,8 (28%), sedangkan untuk kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 14,3 (26,8%). Pada perhitungan uji mann whitney yang diketahui nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa “ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Islam Samarinda” .
Downloads
References
Nur, Fitri. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Konsep Ikatan Kimia. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
Putri, Nur Afifah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Divivsion) Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas V MIN 6 Bandar Lampung. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri.
Yusuf, Syamsu. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada