PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PERPAJAKAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016-2018

  • Ari Putra Pebrianto Universitas Mulawarman
  • Sudarman Sudarman Universitas Mulawarman
  • Christie Stephanie Piar Universitas Mulawarman
Keywords: Motivasi berprestasi, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh morivasi berprestasi terhadap hasil belajar pada mata kuliah perpajakan pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016-2018. Jenis penelitian adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016-2018 yang terdiri dari 206 mahasiswa. Pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket motivasi berprestasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi angakatan 2016-2018. Hal ini di tandai dengan adanya peningkatan motivasi berprestasi yang baik pada mahasiswa pendidikan ekonomi terhadap hasil belajarnya sebesar 41%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, S. M. 2013. Pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 1 Batang tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal pendidikan ekonomi. 1(1). 159-170.
Fatah, D. 2015. Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Struktur dan Konstruksi Bangunan III di Program Studi Pendidikan Teknik Arsitektur, Universitas Pendidikan Indonesia, Tahun Akademi 2014/2015. Jurnal Pendidikan Arsitektur. 3(1). 35-52.
Nasution, S. I. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung. Jurnal Kependidikan Islam. 7(2). 38-54.

Salamor, J. M. 2017. Hubungan Antara Pemberian Reward Dari Guru dengan Motivasi Berprestasi Siswa Di SMA Kristen Halmahera Utara. Jurnal Hibualamo. 1(1). 22-29.
Samsidar, Ratman, dan D. Tureni. 2011. Pengunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD DDI Siboang. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 5(7). 161-175
Taiyeb, A. M., A. Bahri, dan R. B. Razak. 2012. Analisis Motivasi Berprestasi Siswa Sman 8 Makassar dalam Belajar Biologi. Jurnal Bionature. 13(2). 77- 82.
Ramadhon, R., R. Jaenudin dan S. Fatimah. 2017. Pengaruh Beasiswa terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Jurnal Profit. 4(2). 203-213.
Ricardo, dan R. I. Meilani. 2017 Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 2(2). 188-201.
Hermanto, Dr. Y. B. 2017. The Performance Management of Employees Bank BPR through Development of Climate Organization, Achievement Motivation, Job Satisfaction and Leadership Ability and Powers. The International Journal of Business and Management. 5(2). 224-236.
Ismawati, L. 2017. Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN di Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 1(2). 91-104.
Published
2019-12-30
How to Cite
Putra Pebrianto, A., Sudarman, S., & Stephanie Piar, C. (2019). PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PERPAJAKAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016-2018. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 1(2), 40-49. https://doi.org/10.30872/prospek.v1i2.1318
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>